Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Parah, Dilarang Berladang, Hasil Kebun Juga Dijarah

Kamis, 09 Februari 2017 – 03:45 WIB
Parah, Dilarang Berladang, Hasil Kebun Juga Dijarah - JPNN.COM
Petani menggelar orasi di gedung DPRD Kerinci. Foto: Saprial/Jambi Independent

jpnn.com - jpnn.com - Ribuan petani di Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi berunjuk rasa ke kantor DPRD Kerinci, Selasa (7/2).

Aksi besar-besaran turun ke jalan itu dilakukan sebab nasib mereka terancam sengsara karena tak boleh lagi berladang seperti biasa.

Celakanya, hasil pertanian mereka juga ikut dirampas sehingga membuat kehidupan para petani tersebut semakin menderita.

Padahal, ladang-ladang yang mereka kelola selama ini sudah berpuluh-puluh tahun dan dijadikan tempat memenuhi kebutuhan hidup.

Namun belakangan, ladang petani ini dikuasai oknum pejabat desa. Petani dilarang berladang. Dan ini menyulut protes dan memicu ribuan petani menggelar aksi demontrasi di gedung DPRD Kerinci, Selasa (7/2).

Aksi ribuan petani berasal dari bebebarapa kecamatan dalam Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh itu berlangsung damai. Mereka mulai berdatangan sejak pukul 11.00 menggunakan mobil truk dan sepeda motor.

Massa adalah petani yang berladang di wilayah Depati Muara langkap dan berasal dari beberapa Kecamatan. Yakni, kecamatan Air Hangat, Air Hangat Barat, Air Hangat Timur, Depati VII, Hamparan Rawang, Kumun Debai, Pesisir Bukit, Tanah Kampung. Massa yang ikut demo sekitar 1.500 orang.

petani juga membawa sapnduk yang berisi tulisan protes. Seperti “Tegakkan Hukum kepada masyarakat peladangan”. “Proses Hukum kepada provokator”, “Batalkan keseluruhan surat edaran segala bentuk pengusiran di wilayah kecamatan Batang Merangin”.

Ribuan petani di Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi berunjuk rasa ke kantor DPRD Kerinci, Selasa (7/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close