Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Partisipasi Pemilih Rendah, KPU Curiga Ada..

Minggu, 19 Februari 2017 – 14:09 WIB
Partisipasi Pemilih Rendah, KPU Curiga Ada.. - JPNN.COM
Warga saat mengikuti pencoblosan Pilkada DKI Jakarta 2017 di TPS 06, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/2). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Partisipasi pemilih Kota Serang pada Pilgub Banten, Rabu (15/2), anjlok. Berdasarkan data KPU Kota Serang, partisipasi pemilih hanya 64,3 persen.

Anggota KPU Kota Serang Ali Faisal mengakui partisipasi itu menurun dibandingkan pemilu sebelumnya yakni Pilpres 2014 sebesar 68 persen. “Kami tidak tahu persis apa penyebabnya,” ujar Ali, Jumat (17/2).

Dikatakannya, dari jumlah pemilih sebanyak 454.597 orang, yang menggunakan hak pilih hanya 292.520 orang. Dari enam kecamatan yang ada, partisipasi paling rendah justru berada di pusat perkotaan yakni Kecamatan Cipocokjaya 60,9 persen dan Kecamatan Serang 62,7 persen.

Sebaliknya, kecamatan yang berada di luar perkotaan justru partisipasinya lebih baik. Diuraikan, Kecamatan Curug 65,4 persen, Kecamatan Kasemen 68,3 persen, Kecamatan Taktakan 66,8 persen, dan Kecamatan Walantaka 64,9 persen.

Ia mengklaim, KPU sudah berupaya maksimal sosialisasi kepada masyarakat. Apalagi, target KPU 75 persen. Berbagai elemen masyarakat juga disasar, mulai dari keagamaan, kesenian, kaum adat, sekolah, hingga warga pinggiran. Bahkan, pada Sabtu (11/2), KPU juga melakukan warwar di 66 kelurahan dengan harapan partisipasi besar.

Kata dia, hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan penyebab turunnya partisipasi pemilih itu. “Apakah penyebaran C-6 (surat pemberitahuan-red) memengaruhi atau tidak, kami belum tahu,” ungkapnya.

Namun, formulir C-6 itu sudah disebar badan adhoc KPU sesuai jadwal yang ditetapkan. Kalaupun ada warga yang tidak mendapatkan C-6, dapat menggunakan KTP elektronik.

Ke depan, tambah Ali, KPU akan bekerja sama dengan partai politik dan calon lantaran mereka juga mempunyai tugas melakukan pendidikan politik.

 Partisipasi pemilih Kota Serang pada Pilgub Banten, Rabu (15/2), anjlok. Berdasarkan data KPU Kota Serang, partisipasi pemilih hanya 64,3 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close