Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penghancuran Pemukiman Badui Diprotes, Israel Ngamuk

Kamis, 06 April 2017 – 06:45 WIB
Penghancuran Pemukiman Badui Diprotes, Israel Ngamuk - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - Uni Eropa baru-baru ini memberi teguran keras kepada pemerintah Israel karena menghancurkan permukiman suku Badui asal Palestina di Desa Khan al-Amar di Tepi Barat.
Peringatan itu disampaikan dalam sebuah surat yang ditandatangani 28 negara anggota UE.

Seperti biasa, Israel menanggapi peringatan itu dengan pernyataan yang tak kalah keras. Pada Selasa (4/4), mereka memanggil Wakil Dubes UE untuk Israel Mark Gallagher dan menyampaikan protes keras.

"Ada 32 masalah krisis kemanusiaan di seluruh dunia. Tapi, UE lebih memilih menyoroti yang terjadi di area C secara tidak proporsional. Padahal, itu bukan krisis kemanusiaan," jelas Direktur Departemen UE Kementerian Luar Negeri Israel Avivit Bar-Ilan kepada Gallagher. Salah satu contoh yang diberikannya adalah krisis di Syria.

Israel berdalih bahwa kawasan permukiman yang terdiri atas sekolah dan 42 rumah yang ditinggali sekitar 150 orang itu ilegal. Karena tidak sesuai dengan hukum yang berlaku di Israel, permukiman tersebut harus dihancurkan.

Pandangan berbeda diungkapkan UE. Kawasan itu termasuk daerah krisis kemanusiaan. Karena itu, UE berhak ikut campur. Bahkan, dua negara anggota UE, Italia dan Belgia, membantu mendirikan beberapa bangunan di sana.

’’Praktik penegakan hukum dengan cara memaksa pindah, menggusur, menghancurkan, menyita rumah dan aset kemanusiaan (termasuk yang didanai UE), serta menghalangi pengiriman bantuan kemanusiaan bertentangan dengan kewajiban Israel terhadap hukum internasional,’’ kata Faaborg-Anderson saat bertemu dengan Pejabat Sementara Dirjen Kementerian Luar Negeri Israel Yuval Rotem pada pekan lalu.

Organisasi terbesar di Eropa tersebut meminta Israel segera menghentikan tindakannya. Sebelum UE, PBB mengeluarkan kecaman senada.

Khan al-Ahmar berada di wilayah yang dinamai sebagai area C. Luasnya mencapai 60 persen dari keseluruhan Tepi Barat. Israel berkuasa penuh di area C.

Uni Eropa baru-baru ini memberi teguran keras kepada pemerintah Israel karena menghancurkan permukiman suku Badui asal Palestina di Desa Khan al-Amar

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close