Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perjumpaan Terakhir KH Abun Bunyamin dengan Kiai Hasyim

"Daripada ke Rumah Sakit, Saya Nunggu Panggilan Illahi Saja"

Jumat, 17 Maret 2017 – 08:27 WIB
Perjumpaan Terakhir KH Abun Bunyamin dengan Kiai Hasyim - JPNN.COM
Ribuan warga mengiringi jenazah alm. KH. Ahmad Hasyim Muzadi seusai dishalati di Komplek Pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3). FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, TASIKMALAYA - Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung Singaparna KH Abun Bunyamin Ruhiyat mengatakan, KH Hasyim Muzadi merupakan tokoh NU yang sangat berpengaruh dalam perkembangan Islam moderat di Indonesia.

Menurut KH Abun, banyak PC NU Istimewa yang didirikan pada massa kepemimpinan PBNU KH Hasyim Muzadi. Bahkan sampai ke luar negeri.

Sosok KH Hasyim di mata KH Abun merupakan ulama besar yang memiliki toleransi keagamaan yang sangat kuat. “KH Hasyim itu tidak bisa memisahkan antara pemerintahan dengan agama,” ujarnya.

KH Abun merasa sangat kehilangan atas wafatnya KH Hasyim. Terlebih dua bulan lalu, KH Abun menjenguk KH Hasyim ke Malang. Itu setelah KH Hasyim keluar dari rumah sakit.

“Saya ke Malang menjenguk sekitar dua bulan yang lalu. Kata KH Haysim, ’Saya harus balik lagi ke rumah sakit untuk dirawat. Kemudian beliau (KH Hasyim, Red) berbicara,’Tetapi daripada ke rumah sakit, saya nunggu panggilan Illahi saja’,” ungkap KH Abun menirukan kata-kata KH Hasyim.

Kepada KH Abun, KH Hasyim berpesan untuk terus memperjuangkan dan memperkuat NU. “Karena NU ini menjadi pokok Islam di Indonesia, Islam yang moderat yang terkenal sampai ke luar negeri,” ujar KH Abun lagi-lagi menirukan kata-kata KH Hasyim.

“Jangan sampai seperti negera Islam lain yang terus-terusan berperang. Karena negara Islam jadi dibedakan antara kebangsaan dan agama. Kalau di kita, NU ikut mendirikan negara dan agama,” papar KH Abun mengucapkan lagi pesan KH Hasyim.

Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya KH Abdul Azis Affandy menuturkan di mata Ponpes Miftahul Huda, KH Hasyim Muzadi adalah sosok ulama, intelektual yang punya tekad memberikan untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan bangsa.

Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung Singaparna KH Abun Bunyamin Ruhiyat mengatakan, KH Hasyim Muzadi merupakan tokoh NU yang sangat berpengaruh dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close