Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesan Penting Mendikbud untuk Guru soal Materi USBN

Jumat, 03 Februari 2017 – 20:31 WIB
Pesan Penting Mendikbud untuk Guru soal Materi USBN - JPNN.COM
Mendikbud, Muhadjir Effendy. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mewanti-wanti guru-guru yang menyusun soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN).

Dia berharap, jangan sampai materi USBN tidak pernah diajarkan kepada siswa.

"Kurikulum nanti ada USBN-nya untuk menjadi dasar bahan ajar. Proses evaluasinya juga mengacu pada standar nasional," kata Muhadjir saat menutup pembekalan tenaga pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Jumat (3/2).

Selama ini, menurut Muhadjir, tidak ada standar bahan ajar dan evaluasi terhadap siswa.

"Kalau tidak ada standar, sampai kiamat pun siswa tidak tahu isinya UN. Mereka tebak-tebakan saja. Makanya kami siapkan USBN," ucapnya.

Dengan USBN, guru berhak melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jadi, pusat tidak ikut‎ dalam penyusunan soal maupun evaluasi.

"Yang harus diingat, murid itu diuji apa yang sudah diajarkan guru. Kalau diuji dengan materi yang belum diajarkan, itu pelanggaran. Tidak fair siswa diajar dengan materi yang belum diajari," tandasnya. (esy/jpnn)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mewanti-wanti guru-guru yang menyusun soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN).

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close