Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prof Asep: Kebijakan Ekonomi Jokowi Pancasila Banget

Sabtu, 15 April 2017 – 15:04 WIB
Prof Asep: Kebijakan Ekonomi Jokowi Pancasila Banget - JPNN.COM
Lokasi pertambangan PT Freeport Indonesia di Papua. Foto: dokumen Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Kebijakan-kebijakan bidang ekonomi di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dinilai sangat Pancasilais.

Ini dilihat dari pemerataan pembangunan infrastruktur di wilayah 3T (terpencil, terluar, tertinggal), penguatan ekonomi perdesaan, penetapan harga BBM satu harga di wilayah Papua, dan lainnya.

"Pemerintahan Jokowi dalam penerapan kebijakan ekonominya patut diapresiasi. Karena Jokowi menerapkan ekonomi Pancasila," kata Rektor Universitas Trilogi Prof Asep Saefuddin dalam bedah buku Ekonomi Pancasila di Jakarta, Sabtu (15/4).

Guru besar di Institut Pertanian Bogor ini menambahkan, untuk menerapkan ekonomi Pancasila perlu tangan pemerintah.

Pemerintah yang harus menentukan harga. Daerah yang berlebih menyubsidi wilayah kekurangan.

"Apa yang sudah dilakukan pemerintanan Jokowi sudah benar. Ekonomi Pancasila adalah ekonomi yang berkeadilan dan bergotong royong. Saat ini penguatan ekonomi perdesaan sangat terasa karena Jokowi mengutamakan pemerataan di seluruh wilayah terutama 3T," bebernya.

Wakil ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) ini juga menyinggung kebijakan Jokowi soal PT Freeport. Menurut dia, langkah Jokowi itu sangat tepat dan merupakan contoh riil ekonomi Pancasila.

"Kebijakan ekonomi Jokowi untuk Freeport, Pancasila‎ banget. Itu sebabnya, kami dari FRI tengah membuat textbook mengenai pedoman ekonomi Pancasila. Nantinya ini bisa menjadi rujukan dalam menerapkan ekonomi yang berkeadilan," tandasnya. (esy/jpnn)

Kebijakan-kebijakan bidang ekonomi di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dinilai sangat Pancasilais.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close