Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Resmi Diluncurkan, Telkom 3S Siap Beroperasi Menjangkau Pelosok Negeri

Senin, 17 April 2017 – 11:01 WIB
Resmi Diluncurkan, Telkom 3S Siap Beroperasi Menjangkau Pelosok Negeri - JPNN.COM
Satelit Telkom 3S yang diresmikan di Stasiun Pengendali Utama Satelit Telkom Cibinong (SPU Cibinong), Foto dok Humas Telkom

jpnn.com - Satelit Telkom 3S akhirnya diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di Stasiun Pengendali Utama Satelit Telkom Cibinong (SPU Cibinong), Senin (17/4).

Rini mengapresiasi kehadiran Telkom yang telah berhasil mengoperasikan Telkom 3S, setelah sukses meluncur pada 15 Februari lalu di Kourou, French Guiana.

“Dengan beroperasinya Telkom 3S, saya berharap Telkom semakin berperan aktif dalam menopang kemajuan industri nasional, mendukung konektivitas bangsa Indonesia, dan mempermudah komunikasi di seluruh pelosok negeri,” ujar Rini.

Sememtara Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga mengucapkan rasa syukur atas kelancaran seluruh prosedur teknis hingga Telkom 3S siap beroperasi.

“Mulai dari peluncuran, perjalanan menuju orbit, hingga pembebanan traffic berhasil dilalui dengan lancar serta dengan hasil sesuai rencana. Kami juga mohon doa restu seluruh masyarakat Indonesia dan pemerintah untuk mulai mengoperasikan Telkom 3S,” kata Alex.

Alex menjelaskan, Telkom secara penuh telah mengelola Satelit Telkom 3S seusai ditandatanganinya Berita Acara Serah Terima pada Kamis lalu (6/4).

“Pengelolaan Satelit Telkom 3S telah resmi dialihkan dari perusahaan pembuat satelit Thales Alenia Space (TAS) kepada Telkom. Selain itu, Telkom 3S juga telah berhasil melewati proses pembebanan transponder tanpa gangguan di pelanggan,” tutur Alex.

Perjalanan Satelit Telkom 3S dari peluncuran hingga berbagai prosedur pengujian sukses dilalui sesuai rencana. Dua minggu setelah meluncur, Telkom 3S menjalankan uji transponder C-Band di orbit transit 135.5° Bujur Timur (BT).

Pengetesan tersebut berjalan lancar tanpa degradasi. Setelah itu, proses drifting dari orbit transit menuju orbit 118° BT juga dilaksanakan sesuai jadwal tanpa anomali.

Satelit Telkom 3S akhirnya diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di Stasiun Pengendali Utama Satelit Telkom Cibinong (SPU Cibinong),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close