Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Risiko Stres Pria Meningkat di Masa Kehamilan Pasangan

Senin, 03 April 2017 – 23:22 WIB
Risiko Stres Pria Meningkat di Masa Kehamilan Pasangan - JPNN.COM
Stres. Ilustrasi.

jpnn.com - Bukan cuma perempuan yang dibuat stres oleh urusan kehamilan. Sebuah studi di Selandia Baru menemukan bahwa pria juga tertekan bahkan sampai mengalami depresi saat pasangan mereka hamil dan sesudahnya.

Dalam studi terhadap hampir 4.000 orang itu, ada sekitar 6 persen pria yang mengalam peningkatan gejala depresi di beberapa titik masa kehamilan pasangan mereka atau sembilan bulan setelah melahirkan.

"Saya pikir sangat penting bagi pasangan untuk menyadari bahwa salah satu dari mereka bisa merasa stres dan mereka harus mencari bantuan dan mencari dukungan," kata penulis utama studi, Lisa Underwood, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (2/4).

Underwood dan rekannya yang menulis dalam JAMA Psychiatry menemukan bahwa sembilan persen pria melaporkan depresi di beberapa titik selama hidup mereka. Sekitar tiga persen melaporkan episode depresi dalam satu tahun terakhir.

Kehamilan dan persalinan bisa menempatkan pria pada peningkatan risiko depresi. Namun, penelitian terakhir juga menemukan link ayah yang stres dengan masalah emosional dan perilaku pada anak-anak.

Untuk studi baru, tim menganalisis data yang dikumpulkan dari mitra perempuan yang mengambil bagian dalam Growing Up in New Zealand study dan akan melahirkan antara bulan April 2009 dan Maret 2010.

Para peneliti melakukan wawancara di rumah dengan 3826 calon ayah pada saat pasangan wanita mereka hamil.

Wawancara pun dilakukan kepada 3.549 ayah sekitar sembilan bulan setelah kelahiran anak-anak mereka.

Bukan cuma perempuan yang dibuat stres oleh urusan kehamilan. Sebuah studi di Selandia Baru menemukan bahwa pria juga tertekan bahkan sampai mengalami

Sumber Foxnews.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close