Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Semakin Menghargai Kain Nusantara

Selasa, 11 April 2017 – 09:28 WIB
Semakin Menghargai Kain Nusantara - JPNN.COM
Nina Tamam. Foto: Jawa Pos

jpnn.com - Penyanyi Nina Tamam kerap tampil dengan busana yang dibuat dari kain khas Indonesia seperti batik atau tenun ikat.

Perempuan 42 tahun tersebut punya ikatan yang kuat dengan kain Nusantara.

Sekitar tiga tahun lalu, Nina pernah terlibat dalam pembuatan film semidokumenter Museum Tekstil yang mengambil syuting di Waingapu, Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Istri penulis Erikar Lebang itu berperan sebagai penenun. Selama 12 hari dia tinggal di kampung tradisional dan intens belajar menenun.

”Saya jadi tahu betul prosesnya. Dari kapas, dicelup pewarna alami, sampai jadi benang dan ditenun jadi kain,” papar ibu seorang anak tersebut saat dijumpai di salah satu fashion show di Jakarta.

Melihat dan merasakan langsung sulitnya proses menghasilkan selembar kain, Nina jadi paham mengapa harganya mencapai jutaan rupiah.

”Saya jadi makin menghargai kain Nusantara. Value di balik itu amat besar,” ucap perempuan yang dikenal sebagai personel grup vokal Warna tersebut.

Nina punya beberapa koleksi kain Nusantara. Namun, untuk dikenakan sebagai outfit, dia lebih memilih kain Indonesia yang sudah diaplikasikan ke dalam busana sehingga pemakaiannya lebih praktis. (nor/c9/oki)

Penyanyi Nina Tamam kerap tampil dengan busana yang dibuat dari kain khas Indonesia seperti batik atau tenun ikat.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close