Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Studi: Wajar Anak Sulung Lebih Cerdas ketimbang Adiknya

Minggu, 02 April 2017 – 08:32 WIB
Studi: Wajar Anak Sulung Lebih Cerdas ketimbang Adiknya - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: NRITRIBUNE.COM

jpnn.com - Prestasi akademis dan intelektualitas Anda tak bisa menyaingi saudara sulung? Hasil studi terbaru ini mungkin bisa membuat Anda tidak terlalu minder.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Human Resources telah menemukan bahwa anak sulung biasanya lebih siap dalam mengejar kesuksesan akademis.

Bukti menunjukkan, anak sulung mendapatkan hasil yang lebih baik pada tes kognitif dibandingkan adik-adik mereka.

Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh pergeseran pola asuh yang terjadi setelah orang tua memiliki anak pertama mereka.

"Bumil yang baru pertamakali memiliki anak berusaha untuk mendapatkan dan melakukan segala sesuatu secara tepat, namun mereka cenderung lebih relaks dengan anak berikutnya," kata rekan penulis, Jee-Yeon K. Lehmann, seperti dilansir laman India Times, Kamis (30/3).

Meskipun orang tua menyayangi dan peduli terhadap semua anak-anak mereka, namun si sulung biasanya mendapatkan rangsangan mental yang jauh lebih baik.

Hal yang sama tidak terjadi pada anak berikutnya. Penyebabnya, orang tua tidak memberikan tingkat stimulasi yang sama dengan sebelumnya.

Misalnya, orang tua menghabiskan lebih sedikit waktu untuk membacakan cerita ke anak kedua mereka, atau lebih jarang terlibat dalam kegiatan bermain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close