Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tan Malaka di Gedung DPR

Kamis, 30 Maret 2017 – 11:22 WIB
Tan Malaka di Gedung DPR - JPNN.COM
Diskusi publik bertajuk Pemikiran & Perjuangan Tan Malaka di DPR RI. Foto: Wenri Wanhar/JPNN.com.

jpnn.com - INI kisah kemunculan pertama Tan Malaka. Sosok yang mula-mula mengonsep Republik Indonesia.

Wenri Wanhar – Jawa Pos National Network

Angin berubah. Senin, 27 Maret 2017, DPR RI menggelar diskusi publik bertajuk “Pemikiran & Perjuangan Tan Malaka” di Operation Room, Gedung Nusantara—gedung yang serupa cangkang kura-kura--di DPR RI, Jl Gatot Subroto, Jakarta.

Ini peristiwa bersejarah. Mengingat kabarnya, sejak medio 1960-an, semenjak Orde Baru berkuasa, baru kali itu sosok perjuangan dan pemikiran Tan Malaka dibahas secara terbuka di gedung wakil rakyat.

Bekerjasama dengan Institute for Policy Studies (IPS), diskusi itu menghadirkan Harry A. Poeze, ilmuwan Belanda yang 40 tahun lebih mendidikasikan hari-harinya untuk meneliti Tan Malaka.

Di samping Poeze yang duduk di sudut kiri (lihat foto; dari kiri ke kanan), pembicara lainnya ada  Hengky Novaron Arsil Dt Tan Malaka (keturunan ke-7 Raja Adat Kelarasan Bungo Setangkai), Fadli Zon (Wakil Ketua DPR RI), Muhammad  Tri Andhika (Direktur IPS selaku moderator) dan Mohammad Iskandar (sejarawan).

Saking penuhnya, sejumlah orang yang tak kebagian kursi, mau tak mau harus berpuas diri menyimak diskusi di sudut-sudut. Acara yang digagas Fadli Zon ini cukup disambut antusias.

Atas nama lembaga pemerintahan, sejak Orde Baru, sebetulnya perhelatan di DPR tadi merupakan acara kedua yang merundingkan Tan Malaka.

INI kisah kemunculan pertama Tan Malaka. Sosok yang mula-mula mengonsep Republik Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close