Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tika Bisono Sarankan Orang Tua Paham Gadget

Jumat, 24 Maret 2017 – 16:55 WIB
Tika Bisono Sarankan Orang Tua Paham Gadget - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Anak-anak harus dilindungi dari berbagai pengaruh negatif, terutama propaganda radikalisme dan terorisme.

Untuk itu, peran keluarga, lingkungan dan pemerintah harus lebih diintesifkan. Keluarga dalam urusan pola asuh, sementara pemerintah wajib melindungi anak dari sistem pendidikan dan perundangan.

"Sebenarnya saya sudah sering bicara tentang ini yang ke mana-mana. Tapi itu bermula dari pola asuh yang menjadi sumber agar anak tidak berpikir radikal, juga kognitif atau kemampuan anak menyerap ilmu pengetahuan. Itulah yang menjadi cikal bakal radikalisme di kalangan anak-anak," ujar psikolog Tika Bisono di Jakarta, Jumat (24/3).

Intinya, rumah (keluarga) adalah faktor utama untuk mencegah dan melindungi anak dari virus radikalisme serta paham negatif lainnya.

Menurutnya, langkah paling baik adalah pola asuh demokratis, di mana anak diberi kebebasan untuk mengemukakan ide dan pendapatnya.

Sayang, tidak banyak keluarga yang menerapkan pola demokratis itu.

"Kalau dihitung berapa juta atau berapa miliar rumah yang menerapkan pola ini. Inginnya, sih, di atas 50 persen. Tapi ternyata nggak, kan. Pola asuh ini adalah pola  yang paling mendasar," imbuh yang mantan penyanyi pop era 1980-an ini.

Selama ini, banyak orang tua gagal dalam proses mendidik anak.

Anak-anak harus dilindungi dari berbagai pengaruh negatif, terutama propaganda radikalisme dan terorisme.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close