Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tradisi Leluhur, Barongsai Blusukan ke Lorong Kampung

Minggu, 29 Januari 2017 – 16:40 WIB
Tradisi Leluhur, Barongsai Blusukan ke Lorong Kampung - JPNN.COM
HIBUR WARGA: Pertunjukan Barongsai saat menghibur warga di kampung Pecinan, Tambak Bayan, Surabaya, Jawa Timur dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2568, Sabtu (28/1). Barongsai tersebut berkeliling kampung untuk mengambil angpao yang disediakan oleh mayoritas warga keturunan Tionghoa. Foto Andy Satria/Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Berbagai cara dilakukan warga Keturunan Tionghoa di Surabaya, Jawa Timur dalam merayakan tahun baru Imlek 2568.

Salah satunya warga di Kampung Pecinan Tambak Bayan Surabaya, yang merayakannya dengan menggelar atraksi dua barongsai berkeliling kampung.

Dalam pertunjukannya, dua barongsai ini blusukan ke lorong-lorong kampung dan menghampiri setiap rumah.

Tentu saja, pertunjukan ini disambut suka cita warga yang sebagian besar etnis Tionghoa dan etnis lainnya dari Jawa dan Madura, berbaur menjadi satu melihat atraksi dua barongsai warna kuning dan merah.

Beberapa warga tak menyia-nyiakan kesempatan ini dengan memberikan angpao ke barongsai.

“Memberikan angpao saat perayaan Imlek ini sudah merupakan tradisi leluhur. Dan kita warga Tambak Bayan masih memegang tradisi leluhur itu agar kehidupan di tahun-tahun mendatang lebih baik”, ujar Waloeyo, warga Tambak Bayan, Sabtu (28/1).

Dua ekor barongsai yang diiringi tetabuhan khas kesenian barongsai, berjalan menyusuri gang dan mengelilingi kampung Tambak Bayan.

Barongsai itu mengunjungi rumah penduduk dan penghuninya memberikan angpao. Warga yang terhibur memberikan angpao ke mulut barongsai.

 Berbagai cara dilakukan warga Keturunan Tionghoa di Surabaya, Jawa Timur dalam merayakan tahun baru Imlek 2568.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close