Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tuh Lihat..Ada Boeing Jumping di Bandara Wamena

Selasa, 04 April 2017 – 10:38 WIB
Tuh Lihat..Ada Boeing Jumping di Bandara Wamena - JPNN.COM
Pesawat kargo milik TRI-MG Asia Airlines mengalami insiden di Bandara Wamena. Foto: Moses for Cenderawasih Pos

jpnn.com, WAMENA - Insiden unik terjadi di Bandara Wamena, sekitar pukul 17.25 WIT, Senin (3/4) kemarin. Pesawat kargo Boeing 737 seri 200 milik TRI-MG Asia Airlines jumping di apron II bandara,

Ya, posisi ban depan terangkat, sekitar 2 meter dan ekor pesawat menyentuh landasan.

Ini terjadi lantaran beban muatan yang tak seimbang. Pesawat yang dipiloti Gatot dengan Kopilot Wahyu itu terbang dari Bandara Moses Kilangin Timika. Awalnya Si Burung Besi mendarat dengan mulus di Bandara Wamena. Pesawat kemudian menuju apron II untuk melakukan bongkar muatan.

Saat dilakukan bongkar muat, muatan berupa semen dan beras yang berada di dalam pesawat tiba-tiba meluncur ke bagian ekor pesawat. Beban yang tidak seimbang ini mengakibatkan pesawat seakan jumping.

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM Kamal mengatakan, meluncurnya muatan semen dan beras ke bagian belakang pesawat saat dilakukan bongkar muat disebabkan lantai kabin pesawat licin akibat adanya minyak goreng yang bocor.

“Jadi salah satu minyak goreng yang dimuat di dalam pesawat tumpah dan mengakibatkan lantai kabin pesawat licin. Ini yang menyebabkan pallet yang berisi muatan semen dan beras meluncur ke bagian belakang atau ekor pesawat. Beban yang tidak seimbang ini membuat pesawat jumping dengan roda depan terangkat sekitar 2 meter,” ungkap Kamal kepada Cenderawasih Pos.

Kru kabin lantas segera mengangkut seluruh muatan pesawat dibantu personel PAM Bandara Wamena sehingga pesawat kembali ke posisi semula (normal).

“Meskipun posisinya kembali normal, tetapi informasi yang kami peroleh dari Wamena menyebutkan ada kerusakan di bagian ekor pesawat. Tetapi kami belum tahu seberapa parah kerusakannya. Kabarnya petugas bandara sedang melakukan pemeriksaan. Bekas tumpahan minyak goreng yang membuat kabin pesawat licin juga sudah dibersihkan,” pungkasnya.

Insiden unik terjadi di Bandara Wamena, sekitar pukul 17.25 WIT, Senin (3/4) kemarin. Pesawat kargo Boeing 737 seri 200 milik TRI-MG Asia Airlines

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close