Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

UMK Kota Batam Paling Tinggi di Asean

Selasa, 28 Maret 2017 – 22:41 WIB
UMK Kota Batam Paling Tinggi di Asean - JPNN.COM
Cahya. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri, Ir Cahya mengatakan, Pulau Batam sebagai tujuan investasi benar-benar tidak menarik lagi sekarang.

Hal itu disebabkan, selain perizinan yang semakin sulit, birokrasi yang berbelit-belit, kini upah minimum kota (UMK) Batam paling tinggi dibanding negara-negara Asean, kecuali Singapura dan Brunei.

Bahkan Cahya mengatakan Batam sudah tidak punya kekhususan lagi.

Ditambah statemen-statemen petinggi Batam yang sering membuat kegaduhan dan kekisruhan hingga pembagian kewenangan antara Badan Pengusahaan (BP) dan Pemerintah Kota (Pemko) yang tak jelas, membuat kondisi Batam semakin dijauhi investor.

''Kini kami benar-benar dilanda kegelisahan. Setiap hari saya menerima puluhan telepon bernada pesimis dan kekecewaan dengan kondisi ekonomi di Batam. Kami seolah lagi putus asa. Tidak mengerti harus berbuat apa dan harus mengadu kemana lagi. Satu-satunya hanya kepada Tuhan kami mengadu,'' ungkapnya.

Cahya menuturkan, di tengah persaingan ekonomi global, seharusnya Batam segera berbenah dan mempercantik diri untuk menarik investor. Tapi kenyataannya malah larut dalam kegaduhan dan saling tuding, saling menyalahkan.

''Kapan kita kerjanya. Sedih melihat ini semua,'' ujarnya kepada Batam Pos, Rabu kemarin.

Belum lagi, sambungnya, nilai UMK yang semakin tinggi dan tidak kompetitif lagi di kalangan negara Asean.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri, Ir Cahya mengatakan, Pulau Batam sebagai tujuan investasi benar-benar tidak menarik lagi sekarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Batam 
BERITA LAINNYA
X Close