April, Langsung Masuk ke Rekening Guru

Kamis, 07 Februari 2013 , 22:57:00

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, yakin penyaluran dana tunjangan guru non PNS yang tahun ini diambil alih kembali oleh kemendikbud dapat berjalan cepat dan efisien. Sebab, dana itu tidak lagi didekonsentrasikan, tapi langsung ditransfer ke rekening guru. Menurut dia, selama ini banyak guru mengeluhkan keterlambatan penyaluran tunjangan guru. Baik tunjangan melalui transfer daerah, maupun dana kementrian yang didekonsentrasikan ke pemerintah provinsi. "Ternyata dalam pelaksanaannya sering mengalami keterlambatan, bahkan jumlahnya kurang. Makanya tunjangan ditarik ke pusat dan dibayarkan lewat kementrian. Khusus non PNS mulai dari PAUD sampai Dikmen. Mulai 9 April hingga 16 April 2013 disalurkan dari pusat ke rekening guru," kata Nuh saat Raker di Komisi X DPR, Senayan, Kamis (7/2). Diketahui tunjangan guru non PNS 2013 berjumlah Rp 7,6 triliun tunjangan guru. Mulai tahun ini penyalurannya kembali dialmbil alih Kementrian Dikbud. Tunjangan itu meliputi tunjangan fungsional non PNS,

Komentar (832)
Nama
Email
Komentar
aris saputra 07.08.2016 | 20:52 WIB
ini ada guru dari maluku tengah kobisonta SDN kobiraja seti bakti mau menanyakan tahun 2013 sampai 2014 gaji terpencil nya lancar sesuai gaji pokok tapi kenapa tahun 2013 sampai 2014 ini kok tidak ada lagi apa bisa kirim no rekening langsung tranfer siap untuk melaporkan rekening hari ini pun kalau emang di perlukan ini rekening terpencil
Maryo R Polyn 22.07.2016 | 19:28 WIB
Saya ops SD YPPK Maneo tingi saya mau naya kenpa kami sampai selama ini belum jga mendapatkan tunjangan daerah terpencil/kusus,,,tolong,,,,to longlah kami , sedangkan d daerah daerah lainya mendapat tunjanganya.blz
SAJI 03.07.2016 | 21:34 WIB
Menurut informasi, kalo rekening pada info GTK kosong dan no. rekeningnya xxxx, maka akan dibuatkan rekening baru oleh pusat.Tp sampai detik ini ( 3 Juli ) belum jg cair. kenapa gak pake no. rekening yang udah ada saja, trus gimana pemberitahuannya kepada yang bersangkutan, kalo TPP nya udah cair, sedangkan no. rekeningnya dibuatkan pusat.
sutrisno 27.06.2016 | 14:09 WIB
komentar saya tidak banyak saya selaku guru swasta SMP GKE SIDAS JL.raya KM 152 SIDAS kecamatan sengah temila kab landak propinsi kalimantan barat, memohon bantuan kepada bapak mentri, tolong perhatikan juga kami terutama saya untuk di perhatikan masalah dana tunjangan guru honorer , terima kasih
SAJI 26.06.2016 | 22:10 WIB
Saya guru swasta di kota Kediri. No SKTP saya 0528.0563/TP/B/4/P1/2016. tanggal terbit SK 14 April 2016. TPP saya sampai 26 Juni 2016 TW 1 belum cair.Padahal teman - teman kami yang SK terbit Mei aja sudah pada cair. Apa mungkin nyasar kemana gitu ya... mohon dicek ulang.. atau mungkin karena pada SK di info GTK nomor rekeningnya tertulis xxxx? memang banyak yang tertulis xxxx, tapi rata- rata mereka dari PNS , sedangkan untuk PNS yang mencairkan TPP adalah daerah, jd gak masalah. sedangkan untuk non PNS bagaimana kalo seperti itu? Ganti Bank kah? kalo ganti bank, gimana kami bisa mengetahui?kalo memang belum cair, kenapa yang SK yang baru terbit aja udah cair? Terima kasih atas pencerahannya...
sumarling 20.06.2016 | 08:26 WIB
banyak dari daerah kami mengeluhkan insentif guru non pns terutama di guru sukarela di paud. sampai saat ini belum menerima insntif. katanya dana suda di alihkan kedesa masins-masing. tpi sampai sekarang dananya belum cair
Paulina mamus 19.06.2016 | 14:30 WIB
Dapatkah saya tunjangan
Tunjangan fungsional
AFI 13.06.2016 | 08:49 WIB
Saya guru di suatu SMK. Guru disekolah saya pada tanya kenapa TPP nya sampai 13 Juni 2016 belum cair, padahal SKTP nya lebih dulu terbit. Sedangkan yang belakangan terbit, malah udah cair. Apa karena di SKTP nya pada nomor rekening tertulis xxxx? kami udah tanyakan ke dindik kota, katanya suruh nunggu aja. trus sampai kapan kok gak ada kejelasan... ada yang bilang katanya mau diganti bank, gimana kami bisa tau bank yang baru kalo gak ada info yang jelas... Makasih..
astutiningsih 27.05.2016 | 07:58 WIB
tanya, kami guru swasta di SMP kota malang,kenapa TPP saya belum cair sedangkan teman yang lain sudah cair dan baru sekali ini terlambat cairnya, mengajar 30 jam linier, padahal SK tunjangan saya sudah terbit dengan SK no 0063.0561/TP/B/3/P1/2016 dan tgl penerbitan SK 05/03/2016 dengan no urut SK 63. Apa yang harus saya lakukan, sementara dari diknas hanya suruh menunggu, terimakasih
Ibti 25.05.2016 | 08:36 WIB
Saya gtt kab jombang jatim mulai th 2004 selalu jd guru kelas sdh 3 th ini tdk dpt tf tuk th ini diAjukan
teman2 sdh banyak cair krn th lmrn dapat sdh kita lum ada rekeningnya kan trs bgmana ngeceknya tgl di muat nama2 yang dpt
Yeri 18.05.2016 | 21:11 WIB
Kapan SK Tujangan Sertifikasi keluar? dan SK Tunjanagan Khusus Tahun 2016
herli 12.05.2016 | 08:29 WIB
mau tanya,gimana cara cek yang lulus infassing
herli 12.05.2016 | 08:17 WIB
pa bagaimana cara memasukkan sk ops di sdm.data.kemdikbud.go.id mohon penjelasannya
utam 08.05.2016 | 09:25 WIB
Kenapa tunjangan daerah terpencil terlambat untuk tahun 2016 . Dan kapan d cairkan klu bisa tau
fitri handayani 02.05.2016 | 12:16 WIB
pa'ni saya guru sd 6 jagung kab.aceh tengah.knapa tunjangan dacil kmi blm juga cair2.utk thun 2016 ni.mohon impormsinya pa'.
AGUS SALAM 29.04.2016 | 11:27 WIB
tunjangan daerah khusus tidak tepat sasaran pada yang berhak sesuai dengan aturan yang dari pusat
Sartin Adam 04.04.2016 | 14:31 WIB
Kapan penyaluran tunjangan dacil tahun 2016
Paulina rato mesango 14.03.2016 | 08:52 WIB
Semoga dana bermanfaat bg para guru2 yg mendapatkanx
yuliana suryati posan 14.03.2016 | 07:39 WIB
mohon tetap di kirimkan uang tunjangan kualifikasi akademik, karena masih mengikuti kuliah PGSD di kabupaten merauke. terimaksh
Fabi_Narut,S.Pd 17.02.2016 | 14:02 WIB
Siang pak2/ibu2 yg berkpemtgn dgn pengambil kebijakn aneka tunjgn guru...sy dr NTT_ KAB.MABAR_KEC.WELAK_SDN SEWAR...kami adl para pendik,pelita dikala gelap,kami buknlah pahlwn tak berijasah,bkn pula tak berprikemanusiaan,tolong perhtkn kusus jasa kami para pendik yg ada dipelosok tanah air ini,apakh pembgnan negara ini hannya kepentgn wil kota?ataukh kami yg ditgskn dipelosok adlh takdir. Bp/ibu pejbt yg berkeptgn kami jg manusia,btuh kesejhteran,buth hiburn,kesehtan,pnerangn,jaln yg baik,dll. Mengpa seolh2 pempus dan pemda ini tdk begitu peka dan peduli dgn nasib para abdi negara yg ada di pelosok tnh air ini, semua ingin mengjr di kota...klo ada kriteria/syarat khusus utk tgs di kota spy km siap melengkpinya...sdh tdk lengkp fas sarpras,sengsara lg...uu memang jls mngatakn PNS siap ditmptkn di mana sj...tp ini SGT TDK ADIL..yg lain hidup n tgs dgn enak dikota,sdgkn km dibiarkn sengsara dipelosok ini...thn 2014 kami dpt dacil bgitu thn 2015 thp II.III.IV tdk dpt...semua persyrtn sdh dipenuhi,kenapa yg lain ttap dapt. Klo memng ini akibt uu otonomi daerh..tolng KEBIJAKAN utk ini dicabut biar dikelola sendiri oleh Pusat...data dns kab.hanyalh sbg pembandg,kan dapodik sdh ada dr setiap sekolah,dan tolong jgn ada peluang utk di dns kab.utk mengtur seenaknya ttg hal ini yg berakibt para guru yg sebnrnya punya hak utk menrimanxa tapi dikorbankn dgn alasn yg ga jls..dan yg jelas kami para gurulah yg mrasakn langsung kesengsaranx di lapgn,bukn mereka yg kerjanya hanya tau centang,tnpa meninjau lgsung lokasi yg dialami oleh para guru,klo mereka memng membthkn kebagian dr dana tsb mending buka2an sj,bila perlu bagi dua pun klo memng spt itu sasarn kebijknnya,ok lah sahkn sj...drpada kami ttap tdk aman,tdk nyaman krn selalu ingn pindh...kalo memng hal ini sdh mjd masalh umum (ttg progrm dacil ini),tolng dihapuskn sj...krn hnya mnghbiskn uang negara...berdalilkn dacil tetpi sasran dananya tdk tepat...semoga tulisn ini dpt mjd peringtn bg pihak yg brkeptingan...trima ks.
rara 13.02.2016 | 22:20 WIB
pak tolong OPS di perhatikan, tugas dan tanggungjawab OPS sangat berat. Pak mohon perhatiannya. Terima kasih..
yuliati,s.pd.sd dari sdn sori owo upt mpuri 04.02.2016 | 18:07 WIB
salam hormat pak mentri,tolong di cek data sdn sori owo tahun 2016 untuk daerah terpencil soalnya tahun 2015 kemarin masih ada yang belum dapat di sekolah itu termasuk saya yang tidak dapat tunjangan itu sementara kami mengabdi di tempat sama sama pelosok.makasih atas perhatian bapak mentri.
Yuliana suryati posan 03.02.2016 | 09:31 WIB
Kuliah saya masih berjalan, saya pindah dari UT ke PGSD PROGRAM PPKHB . Mohon tetap di beri tunjangan kualifikasi tersebut
Yuliana suryati posan 03.02.2016 | 09:26 WIB
Saya kuliah dari Universitas Terbuka ke PGSD Program PPKHB kelas merauke, dulu saya mendapat tunjangan kualifikasi akademik, saya mohon tetap di kasih tunjangan itu untuk melanjutkan kuliah
Annahrun 26.01.2016 | 21:53 WIB
Assalamualaiku. saya dari
Alfred Luturmas 03.01.2016 | 17:18 WIB
mohon maaf uda mengganggu pa,,,,
saya Operator SMA Negeri Kormomolin,Kabupaten Maluku tenggara barat,,permasalaan di sekolah saya,ada teman-teman guru saya yang belum menerima tunjangan Kusus sampai saat ini.sedangkan saya suda pengiriman data Dapodik semester ganjil 2015/2016 suda saya kirim,,,,,mohon oenjelasan kenapa sampai ada beberapa guru yang belum dapat tunjangan Kusus ????
Yohanis Mete 30.12.2015 | 17:18 WIB
bagaimana cara untuk mendownload daftar nama peneri dana terpencil, karena informasi dari instansi agak lambat, minta solusinya
aniani 21.12.2015 | 05:45 WIB
pak mentri yang terhormat tolong di lihat kembali sekolah SDN 1 winning dan SDN 2 winning yang mana ke dua sekolah ini yang layak mendapatkan tunjangan dacil. kabar yg beredar sebelumnya yang termasuk kategori dacil SDN 1 winning dan SDN waangu angu kab buton. pada tahun 2015 ini. apakah dengan alasan dapodik tidak lengkap apakah dana tunjangan bisa di alihkan ke sekolah lain yg tidak termasuk kategori dacil ? mohon bantuanya pak mentri
aniani 20.12.2015 | 22:42 WIB
saya bukan komen pak mentri hanya mau ceritra dan sedikit bertanya.. di daerah kami ada dua sekolah dasar yaitu SDN 1 winning dan SDN 2 winning . kami di SDN 1 winning yg sangat terpencil berada paling ujung dan semua fasilitas umum tdk ada di banding dengan SDN 2 winning mereka hampir semua fasilitas ada.kami mengajukan permitaan tunjangan dacil tetapi tidak berhasil dengan alasan bahwa data dapodik kami tidak lengkap. yg menjadi pertanyaan buat kami mengapa kalau dapodik kami tidak lengkap dana bos rutin terimah tunjangan sertifikasi juga demikian. rasanya tidak adil yang seharusnya kami yg pantas menerima tunjangan dacil justru SDN 2 winning yg dapat. pertanyaan saya apakah data bisa di manipulasi ?
Daeng Tarike 22.09.2015 | 07:32 WIB
Sangatlah tidak adil jika kurikulum Pendidikan menyebabkan terhapusnya salah satu mata pelajaran di sekolah dan pasti sangat merugikan bagi pengajar tertentu ... mohon fikirkan nasib bagi Abdi Negara apalagi sejumlah mereka membiayai kehidupan anak isteri
yetmi muti b benu 12.09.2015 | 12:06 WIB
saya mohon kepada yang penguasa kalau bisa kami sebagai tenaga Administrasi sekolah (operator Sekolah ) dapat diperhatikan,apalagi saya yang jadi honorer murni.tolong jangan semata-mata hanya guru saja saya juga buang tenaga waktu demi Negara Indonesia ini.
yulius aquino seran 29.07.2015 | 12:23 WIB
Halo pak...
Saya sangat prihatin dngan situasi yang terjadi sekarang di kabupaten malaka(NTT)
di sini gaji honorer ditahan dan tidak mau dibayar dengan berbagai macam alasan...bahkan gaji para guru honorer tidak dibayar selama beberapa bulan...
Bagaimna pak dengan kehidupan ekonomi para guru ini...mereka berbakti pada negara tetapi hak mereka tidak dihiraukan...bahkan muncul isu katanya uangnya digunakan untuk melancarkan pilkada oknum2 tertentu...
Mohon bapak mereka jangan tinggal diam harus ada tindakan sehingga ada solusi untuk para pegawai tanpa tanda jasa ini...
EMENUEL GEKA 18.07.2015 | 10:17 WIB
Mat siang Pak Me