Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sudah Saatnya DPR Terbuka ke Publik

Akbar : Tuntutan Masyarakat ke DPR Terus Meningkat

Selasa, 17 Mei 2011 – 06:35 WIB
Sudah Saatnya DPR Terbuka ke Publik - JPNN.COM
JAKARTA - Kritikan tajam dalam beberapa pekan terakhir mengalir deras kepada anggota dewan di Senayan. DPR dinilai tidak menunjukkan transparansi, terutama dalam kegiatan kunjungan kerja dan pembangunan gedung baru DPR. Mantan Ketua DPR Akbar Tandjung menilai, di era sekarang, sudah saatnya DPR menjadi lembaga terbuka yang mengakomodasi keterlibatan publik. "Dalam sistem politik sekarang, tidak mungkin sesuatu itu ditutup-tutupi," kata Akbar di Jakarta, Senin (16/5).

Menurut Akbar, kondisi DPR saat dia pimpin, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kondisi yang sekarang. Dua periode yang berbeda itu sama-sama berada di era reformasi. Namun, dinamika masyarakat saat ini berbeda. Aspirasi masyarakat terus meningkat menuntut adanya perubahan dari lembaga legislatif.  "Masyarakat mempunyai peranan besar dalam kehidupan politik sekarang," ujarnya.

Jika tidak sejalan dengan tuntutan mereka, masyarakat saat ini tak segan menuntut aspirasi. Akbar mencontohkan, dalam hal pembangunan gedung, di periode kepemimpinannya memang wacana itu belum perlu. Namun, saat ini pembangunan gedung baru DPR dipandang sejumlah anggota dewan sangat penting dan urgen.    "Seberapa penting harus disampaikan, namun yang sekarang justru anggarannya dimulai triliunan rupiah," sorotnya.

Setali tiga uang dalam hal kunker. Menurut Akbar, di eranya, kegiatan kunker di luar negeri memang ada, namun frekuensinya masih sedikit. Saat ini, intensitas kunker DPR keluar negeri sangat padat. Wajar jika publik menolak kegiatan yang dinilai pemborosan anggaran negara itu. "Tidak mungkin DPR terus menutupi, karena anggaran yang dipakai besar," jelasnya.

JAKARTA - Kritikan tajam dalam beberapa pekan terakhir mengalir deras kepada anggota dewan di Senayan. DPR dinilai tidak menunjukkan transparansi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close