Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kontraktor Listrik Tiongkok Dievaluasi

Senin, 13 Juni 2011 – 13:03 WIB
Kontraktor Listrik Tiongkok Dievaluasi - JPNN.COM
JAKARTA – Pemerintah terus mendorong pelaksanaan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 10.000 megawatt (MW). Terhambatnya proyek karena faktor ketidakmampuan kontraktor asing menjadi salah satu perhatian serius pemerintah.

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Emy Perdanahari mengatakan, salah satu faktor eksternal yang menjadi penghambat pelaksanaan proyek PLTU 10.000 MW adalah kelemahan kontraktor engineering, procurement, construction (EPC). ”Kelemahan kontraktor EPC dari Cina (Tiongkok) pada umumnya adalah mereka mampu melaksanakan kontrak di luar Cina,’’ kata Emy Perdanahari di Jakarta.

Menurut Emy, hal tersebut merupakan salah satu hasil review proyek PLTU 10.000 MW oleh Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, PLN, serta unit kerja presiden bidang pengawasan dan pengendalian pembangunan (UKP4). Selain itu, terlibat pula kementerian-kementerian terkait yang tergabung dalam tim koordinasi percepatan pembangunan PLTU batu bara.

Emy menyebut, meski sudah berjalan sekitar lima tahun, sampai Maret 2011, baru 9,4 persen di antara total proyek 9.935 MW yang dapat diselesaikan. Proyek yang telah commercial operation date (COD) pada Oktober 2009 adalah PLTU 2 Banten-Labuan Unit 1 (2 x 300 MW) dan unit 2 telah COD April 2010. ’’Di antara sekitar delapan PLTU yang ditargetkan selesai pada 2010, belum ada satu pun yang mencapai COD,’’ paparnya.

JAKARTA – Pemerintah terus mendorong pelaksanaan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 10.000 megawatt (MW). Terhambatnya proyek karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close