Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gelar Kejuaraan Barongsai Internasional di Serpong

Jumat, 27 September 2013 – 00:02 WIB
Gelar Kejuaraan Barongsai Internasional di Serpong - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA – Untuk kedua kalinya, Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Kota Padang bekerjasama dengan Kun Seng Keng (KSK) Indonesia dan Summarecon Mall Serpong menggelar Kejuaraan Barongsai Internasional tahun 2013 di Serpong, Tangerang, Banten. Rencananga, even itu akan berlangsung mulai Jumat (27/9) hingga Minggu (27/9).

Tuako HBT Padang, Andreas Sofiandi menjelaskan, Kejuaraan Barongsai Internasional (World Lion Dance Championship) yang kedua ini bakal diikuti 18 tim dari delapan negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Hongkong, China, Taiwan, Macau dan Philipina. “Sejak siang tadi, 18 tim dari delapan negara itu sudah berada di Serpong dan siap bertanding pada Sabtu dan Minggu,” kata Andreas Sofiandi, saat Gala Dinner bersama para peserta di Summarecon Serpong, Kamis (26/9).

Menurut Andreas, kejuaraan pertama diselenggarakan enam tahun silam pada tahun 2007 lalu.  Untuk tahun ini, kata dia, Kejuaraan Barongsai didukung oleh Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) pimpinan Dahlan Iskan dan KONI.

Dalam kejuaraan yang memperebutkan sejumlah hadiah tersebut, Indonesia mengirim dua tim. Salah satunya adalah tim dari HBT Padang yang pada tahun 2007 lalu menempati lima besar. Sedang juara pertamapada kejuaraan barongsai 2007 lalu diraih oleh tim dari Malaysia.

"Kejuaraan Barongsai ini lebih kepada teknik, kelincahan dan keindahan dalam melakukan atraksi di atas tiang besi. Sejak Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur tahun 2000 lalu membolehkan seni budaya Tionghoa itu diselenggarakan di Indonesia, olahraga Barongsai mengalami perkembangan yang cukup pesat," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Direktur Summarecon Mall, Soegianto Nagaria menyebut kejuaraan barongsai itu akan mampu meningkatkan arus kunjungan ke Summarecon Serpong.  “Kegiatan yang kita gelar di sini juga berhubungan dengan atraksi wisata dan budaya untuk meningkatkan arus kunjungan ke Indonesia,” kata Soegiantoro.(fas/jpnn)

JAKARTA – Untuk kedua kalinya, Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Kota Padang bekerjasama dengan Kun Seng Keng (KSK) Indonesia dan Summarecon Mall

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close