Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pabrik Semen Merah Putih Tinggal Penyelesaian Akhir

Selasa, 30 Juni 2015 – 19:48 WIB
Pabrik Semen Merah Putih Tinggal Penyelesaian Akhir - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA  - Pembangunan pabrik Semen Merah Putih yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, hingga saat ini sudah mencapai 90 persen. PT Cemindo Gemilang terus menggenjot penyelesaian pembangunan agar segera kelar.

Komisaris  PT Cemindo Gemilang, Vince Indigo, menjelaskan, saat ini pembangunan pabrik dalam penyelesaian tahap akhir. Beberapa kegiatan yang segera dirampungkan, di antaranya pekerjaan belt conveyor dan dermaga.

“Meski kondisi perekonomian nasional tidak menggembirakan, kami tetap menargetkan pembangunan pabrik tersebut akan selesai akhir 2015, sehingga semen Merah Putih bisa segera diproduksi,” ujar Vince Indigo dalam keterangan resminya, Selasa (30/6).
 
Dijelaskan, pabrik yang berada di ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut ini akan memproduksi 10.000 ton clinker per hari atau setara 3,2 juta ton per tahun dan 12.000 ton semen per hari atau 4 juta ton per tahun.
 
Pabrik ini juga dilengkapi dengan fasilitas pelabuhan (terminal khusus) yang siap menampung berbagai jenis kapal. Dermaga untuk kapal berbobot mati 2x10000 dwt dan untuk kapal berbot 30000 dwt akan segera selesai. Sedangkan fasilitas lainnya berupa dermaga untuk kapal 70.000 dwt selesai tahun depan serta ada Ro Ro Ramp facility untuk tongkang. “Izinnya juga sudah komplet semua, tidak ada masalah,” tambahnya.
 
Vince mengatakan, pabrik semen merah putih yang menempati area seluas 500 hektare ini merupakan satu-satunya proyek master plan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) di kawasan selatan Banten. “Nilai investasinya lebih dari USD 600 juta dan menyerap sekitar 4.000 tenaga kerja,” ujar Vince .
 
Sementara itu, CSR Manager PT Cemindo Gemilang Sigit Indrayana menambahkan hadirnya pabrik semen ini juga mempunyai dampak luar biasa bagi masyarakat Lebak yang sampai saat ini masih kesulitan untuk mendapatkan pasokan listrik.

“Kami medukung PLN untuk menyediakan listrik bagi kepentingan masyarakat Lebak selatan khususnya. Sehingga diharapkan banyak investasi yang akan masuk dan menguntungkan masyarakat," terangnya.
 
“Meskipun kita sudah kerja sama dengan PLN, kendalanya tetap infrastruktur. Tarik jaringan dari Pelabuhan Ratu yang paling dekat sekitar 45 KM rupanya tidak mudah, terkendala pembebasan lahan, penarikan kabel dan lainnya. Jadwal ini molor dari rencana semula yang harusnya kelar pada Agustus 2014,” imbuhnya lagi.
 
Ditegaskan, memang sudah menjadi komitmen PT Cemindo Gemilang untuk tumbuh bersama masyarakat. "Sehingga meskipun berat, semuanya kita akan tempuh. Agar Lebak tidak lagi jadi daerah tertinggal,” tambahnya.
 
Dikatakan, dengan buruknya infrastruktur yang tersedia, menurutnya, risiko pembangunan di Bayah, Banten sangat tinggi, sehingga perusahaan harus mencari alternatif solusi, yakni membangun power plant atau pembangkit listrik. Cemindo siap juga akan membangun power plant berkapasitas 2X60 MW yang dengan bertahap. “Jika bisa segera commisioning, produksi semen bisa dilakukan akhir tahun ini,” ujarnya.
 
Dia yakin, kehadiran pabrik semen ini dipastikan memiliki multiple effect secara ekonomi dan berdampak positif untuk daerah sekitar. Tidak hanya itu, pendapatan asli daerah (PAD) juga akan meningkat.

Di sisi lain, pabrik semen ini juga akan membantu memenuhi kebutuhan semen di Tanah Air. “Kami berharap pembangunan pabrik ini berjalan lancar dan sesuai dengan target. Semua produksi semen Merah Putih untuk memenuhi kebutuhan pasar nasional,” imbuhnya.
 
Terkait dengan ‎keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA), Sigit menjelaskan, hingga saat ini ada sebanyak 400 orang tercatat sebagai tenaga kerja asing yang berasal dari China. Mereka semua telah mereka memiliki izin bekerja yang diterbitkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Kepolisian Republik Indonesia.

“Kami merekrut mereka dari PT Sinoma dan China Harbour. Mereka semua memiliki keahlian khusus yang kami butuhkan untuk mempercepat penyelesaian pabrik Semen Merah Putih plus dermaga.”

Selama ini, Sinoma telah dikenal sebagai kontraktor di bidang Engineering, Procurement, dan Construction (EPC) terbesar di seluruh dunia. Sedangkan China Harbour merupakan kontraktor yang membangun sebagian besar infrastruktur di China, mulai dari jalan hingga pelabuhan laut.

“Kedua kontraktor ini sangat berpengalaman dan memenuhi syarat yang kami butuhkan. Semua akan kembali kemanfaatanya untuk masyarakat, semakin cepat jadi, maka masyarakat segera menikmati infrastuktur yang bagus,” ujarnya.

JAKARTA  - Pembangunan pabrik Semen Merah Putih yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, hingga saat ini sudah mencapai 90 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close