Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Beda, Jokowi dan SBY Saat Dicela Anak Buah

Rabu, 01 Juli 2015 – 05:52 WIB
Ini Beda, Jokowi dan SBY Saat Dicela Anak Buah - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Setiap kepala negara memiliki karakter yang berbeda-beda saat menghadapi masalah di dalam kabinetnya. Begitu pula yang antara Presiden Joko Widodo dan presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Kedua presiden ini sama-sama pernah "dijelek-jelekkan" oleh anak buahnya sendiri. Tapi sikap yang ditunjukkan keduanya jauh berbeda berbeda.

Presiden Joko Widodo, misalnya. Pekan ini, publik di luar Istana Negara ramai membicarakan namanya yang dihina oleh salah satu menterinya. Tak tanggung-tanggung, menteri yang disebut telah mencelanya adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, salah satu orang dekatnya. 

Alih-alih marah ataupun mengecam celaan itu. Menurut Mensesneg Pratikno, Jokowi justru lebih khawatir isu-isu demikian menurunkan semangat kerja para menteri di kabinet. 

"Beliau sampaikan tolong pada para menteri untuk tetap kerja ngebut pokoknya tetep kerja ngebut. Ini kinerja ditunggu rakyat," ujar Pratikno di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/6).

Jokowi, kata Pratikno, juga tidak risau dengan menteri pembelot yang mencelanya. Bahkan, mantan Wali Kota Solo itu tetap rapat teratur dengan menteri yang dimaksud.

"Beliau sama sekali enggak risau. Beliau kan selalu konsisten bahwa kami harus meningkatkan kerja dan kapasitas delivery  ke rakyat, selalu pertimbangan nya itu. Presiden juga selalu tidak mudah terpengaruh dengan hal seperti itu," imbuhnya.

Hingga saat ini, Jokowi juga belum memberikan pernyataan apapun terkait masalah itu. Dalam rapat terbatas dengan para menteri, ayah tiga anak itu juga tidak menyinggung soal penghinaan terhadapnya. ‎

Nah, bagaimana dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono? Pria yang kerap disapa SBY itu terang-terangan menunjukkan kecamannya ketika anak buahnya membicarakannya di luar. Itu terjadi ketika Pilpres lalu, saat SBY mendengar kabar ada yang menyebutnya sebagai 'kapal karam'.

JAKARTA - Setiap kepala negara memiliki karakter yang berbeda-beda saat menghadapi masalah di dalam kabinetnya. Begitu pula yang antara Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close