Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Belum Dilantik, Kepala BIN Sudah Dapat Sorotan Komisi Informasi

Kamis, 02 Juli 2015 – 18:21 WIB
Belum Dilantik, Kepala BIN Sudah Dapat Sorotan Komisi Informasi - JPNN.COM
Sutiyoso. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pernyataan Kepala BIN pilihan Presiden Joko Widodo yang tinggal dilantik, Letjen TNI (Purn) Sutiyoso soal janjinya membawa lembaga telik sandi lebih terbuka terhadap partisipasi masyarakat, mendapat sorotan Komisi Informasi Pusat (KIP).

Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono menyorot janji Bang Yos (panggilan mantan Gubernur DKI Jakarta itu) sebagai hal positif dalam keterbukaan informasi di Indonesia.

"Jika janji ini nanti benar dilaksanakan oleh Sutiyoso, maka dari perspektif keterbukaan informasi publik hal ini menggembirakan," kata Abdulhamid di Jakarta, Kamis (2/7).

Dia menjelaskan bahwa dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) disebutkan bahwa salah satu tujuan UU adalah meningkatkan partisipasi publik dan menciptakan tatakelola pemerintahan yang baik.

Selama ini, lanjutnya, BIN dipandang masyarakat sebagai lembaga negara angker yang banyak mencurigai rakyatnya. Hal ini selain sifat kerja intelijen memang penuh rahasia.

Bahkan, dipersepsikan bahwa adanya BIN hanya untuk mengamankan kekuasaan yang ada secara politik. Padahal tantang lainnya banyak, utamanya tantang internasional terkait perang nonkovensional seperti cyberwar, narkoba, terorisme, dan perekonomian.

"Karena BIN selama ini tertutup maka ada kecurigaan masyarakat terhadap keberadaan BIN. Meskipun untuk kepentingan Presiden, BIN juga tidak boleh mengabaikan dan tidak mempedulikan suara publik," jelas Abdulhamid.

Di sisi lain, pihaknya mengingatkan tiadanya partisipasi masyarakat terhadap BIN menyebabkan informasi yang masuk menjadi sepihak dan sudah diarahkan atau by design. 

JAKARTA - Pernyataan Kepala BIN pilihan Presiden Joko Widodo yang tinggal dilantik, Letjen TNI (Purn) Sutiyoso soal janjinya membawa lembaga telik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close