Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siap Kaji Pemindahan Lanud Soewondo

Jumat, 03 Juli 2015 – 07:12 WIB
Siap Kaji Pemindahan Lanud Soewondo - JPNN.COM
Hercules. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Komisi I DPR siap mengkaji kelayakan keberadaan Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, pascakecelakaan pesawat Hercules C-130, Selasa (30/6).

Pasalnya, keberadaan lanud yang sebelumnya merupakan Bandara Polonia ini dinilai sudah tidak memungkinkan berada di pusat kota.

“Idealnya memang bandara itu di luar kota. Mungkin sebelumnya itu (Lanud Sewondo,red) berada di luar kota. Namun karena perkembangan kota, akhirnya bandara berada di pusat kota,” ujar anggota Komisi I DPR, Andika Pandu kepada JPNN, Kamis (2/7).

Namun begitu, DPR menurut Pandu perlu melakukan pengkajian terlebih dahulu, terkait kemungkinan perlu tidaknya Lanud Suwondo dipindah. Pengkajian diperlukan dengan melihat Rencana Umum Tata Ruang (RUTR). Setelah itu barulah dapat diputuskan apakah DPR perlu meminta TNI memindah Lanud Soewondo.

“Apakah harus dipindah, kami belum sampai membahas hal-hal seperti. Tapi tentunya akan kami kaji ulang, kami akan lihat RUTR,” ujarnya.

Menurut Pandu, selain perlu dilakukan pengkajian terhadap RUTR, kebijakan memindahkan sebuah Landasan Udara juga harus melihat program kerja pemerintah terkait TNI. Langkah ini untuk memastikan sejauh mana tingkat kebutuhan pemindahan sebuah bandara.

“Langkah-langkah pengkajian perlu dilakukan, karena kebijakan itu tergantung pada jangka pendek, menengah dan panjang. Nanti akan kami rapatkan dan diskusikan dengan kementerian terkait,” ujarnya.

Meski begitu Pandu menegaskan peristiwa kecelakaan Pesawat Hercules C-130 merupakan musibah nasional. Karena itu perlu diambil langkah-langkah khusus, sehingga peristiwa yang sama tidak terulang kembali.

JAKARTA – Komisi I DPR siap mengkaji kelayakan keberadaan Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, pascakecelakaan pesawat Hercules C-130,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close