Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perintah Jokowi ke Jenderal Gatot: Jangan Beli Alutsista Bekas

Jumat, 03 Juli 2015 – 14:26 WIB
Perintah Jokowi ke Jenderal Gatot: Jangan Beli Alutsista Bekas - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo yang telah mengantongi persetujuan DPR RI untuk menjadi Panglima TNI menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jumat (3/7). Gatot datang ke istana untuk melaporkan tentang persetujuan DPR atas posisinya sebagai calon Panglima TNI pengganti Jenderal Moeldoko yang segera memasuki masa pensiun.

"Saya laporkan pada presiden, semua sudah saya jalankan," ujar Gatot di kompleks istana usai bertemu Joko Widodo.

Namun, Gatot belum tahu tentang waktu pelantikannya sebagai Panglima TNI. Namun demikian, jenderal TNI asal Tegal, Jawa Tengah itu sudah mendapat tugas dari presiden yang beken disapa dengan nama Jokowi itu.

Salah satu tugas yang diemban Gatot adalah melakukan evaluasi menyeluruh di internal TNI. Termasuk merencanakan modernisasi alat utama sistem persenjataan atau alutsista.


Gatot menjelaskan, Presiden Jokowi memerintahkan pengadaan alutsista harus baru dan bukang barang hasil hibah. "Modernisasi alutsista, sudah jelas saya mendengar sendiri pada saat beliau di Mako Brimob bahwa pesawat harus baru semuanya. Maksudnya bukan yang terbang harus baru semuanya, tetapi pengadaan harus baru semua," papar Gatot.

Selain itu, tuturnya, pemerintah meminta TNI melibatkan industri pertahanan lokal dalam membeli peralatan baru. Termasuk menggunakan cara adopsi hasil teknologi baru. Peralatan, tegasnya, harus menjamin sistem zero accident.

"Saya harus mengevaluasi pesawat TNI AU itu pasti sudah laik terbang. Tapi kalau lihat kemarin kenapa bisa jatuh, apa masalahnya nah ini kan harus kami evaluasi. Saya tidak bisa mengambil keputusan begitu saja," kata Gatot tentang insiden kecelakaan  pesawat Hercules TNI AU di Medan pada Selasa lalu (30/6).(flo/jpnn)

 

JAKARTA - Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Gatot Nurmantyo yang telah mengantongi persetujuan DPR RI untuk menjadi Panglima TNI menemui Presiden

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close