Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Inilah Kebaikan Diperoleh Orang Berpuasa dari Sisi Kesehatan

Jumat, 03 Juli 2015 – 17:24 WIB
Inilah Kebaikan Diperoleh Orang Berpuasa dari Sisi Kesehatan - JPNN.COM
Inilah Kebaikan Diperoleh Orang Berpuasa dari Sisi Kesehatan. Dokter Adhisti Pritalina (kanan) pada acara SOHO #BetterU yang rutin diadakan oleh SOHO Global Health dengan tema “Puasa Sehat, Puasa Penuh Hikmah“ pekan lalu di Jakarta.

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA – Ramadan adalah bulan suci bagi umat Islam. Dalam mendekatkan ketakwaan, pemeluknya diwajibkan berpuasa. Saum merupakan rukun Islam yang ketiga setelah mengucapkan kalimat syahadat dan mendirikan salat lima waktu.

Selama berpuasa, pola makan yang diterapkan adalah pagi sebelum waktu fajar dan juga menjelang malam hari. Karena itu, selama berpuasa tubuh menyesuaikan sistem metabolisme serta sistem imunitasnya, selama 8 hingga 12 jam setiap hari.

Dengan pola makan tiga kali setiap hari yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, maka sangat wajar tubuh terasa lemas dan mengantuk selama berpuasa.

Dokter Adhisti Pritalina dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta menjelaskan selama berpuasa 12 jam, tubuh akan mengambil cadangan glukosa berupa glikogen yang tersimpan di hati dan otot sebagai energi.

Glikogen lalu diubah melalui proses glikogenolisis menjadi energi yang dapat digunakan tubuh. Selain itu, tubuh juga menggunakan sejumlah protein sebagai tambahan energi selama 12 jam.

"Proses inilah yang mengakibatkan tubuh terasa lemas," kata Adhisti dalam acara SOHO #BetterU yang rutin diadakan oleh SOHO Global Health dengan tema “Puasa Sehat, Puasa Penuh Hikmah“ pekan lalu di Jakarta.

Namun di balik itu, berpuasa ternyata memiliki hikmah yang luar biasa. Tidak hanya imbalan akan bertemu dengan Allah SWT di akhirat dan mendapatkan pahala serta kebahagiaan saat berbuka, tapi dari sisi kesehatan memberikan dampak positif.

Adhisti mengatakan, karena tidak mendapatkan asupan makanan selama berpuasa, maka beban lambung tidak berat dan berfokus hanya untuk mencerna makanan.

JPNN.com JAKARTA – Ramadan adalah bulan suci bagi umat Islam. Dalam mendekatkan ketakwaan, pemeluknya diwajibkan berpuasa. Saum merupakan rukun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close