Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terendah di Asia, Anggaran Perumahan Harus Ditambah

Jumat, 03 Juli 2015 – 18:51 WIB
Terendah di Asia, Anggaran Perumahan Harus Ditambah - JPNN.COM
Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA--Alokasi anggaran untuk sektor perumahan harus ditingkatkan. Pasalnya, anggaran untuk sektor perumahan di Indonesia, lebih kecil dibandingkan negara-negara di kawasan Asia lainnya.

“Pemerintah Indonesia hanya mengalokasikan sekitar 0,1 persen dari produk domestik brutonya untuk sektor perumahan. Jumlah ini lebih kecil dibandingkan dengan Filipina sekitar 0,31 persen,” kata Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dirjen Pembiayaan Perumahan, KemenPUPR) Maurin Sitorus di Jakarta, Jumat (3/7).

Negara-negara Asia lainnya seperti Thailand mengalokasikan 2,21 persen untuk sektor perumahan. Kalau dilihat dari sektor swasta, lanjut Maurin, mortgage atau kredit perumahan sekitar 3,2 persen dari PDB, kurang lebih sekitar Rp 330 triliun, di Singapura 53 persen dari PDB-nya, Malaysia 30 persen, Thailand 15 persen dan Tiongkok 19 persen.

“Kalau dilihat resources yang dialokasikan sektor swasta dan pemerintah masih kecil,” ucap Maurin.

Rendahnya alokasi anggaran untuk sektor perumahan ini sebagai salah satu penyebab backlog perumahan di Indonesia. Di samping kemiskinan yang ada saat ini. Hal tersebut sebagai penyebab berkurangnya daya beli masyarakat, sehingga kepemilikan rumah masih rendah.

Untuk meningkatkan alokasi anggaran di sektor perumahan, imbuh Maurin, pemerintah saat ini mengajukan Rancangan Undang – Undangan Tabungan Perumahan Rakyat (RUU Tapera) dan telah masuk Program Legislasi Nasional (prolegnas).

“Apabila RUU Tapera menjadi Undang – undang, ini akan menjadi resources yang powerful untuk sektor perumahan, karena beban APBN akan berkurang besar," papar Maurin. (esy/jpnn)

 

JAKARTA--Alokasi anggaran untuk sektor perumahan harus ditingkatkan. Pasalnya, anggaran untuk sektor perumahan di Indonesia, lebih kecil dibandingkan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close