Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pak RT, Pak RW Tolong yaa...Pengamanan saat Lebaran

Sabtu, 04 Juli 2015 – 14:30 WIB
Pak RT, Pak RW Tolong yaa...Pengamanan saat Lebaran - JPNN.COM
Henry Yosodiningrat. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Henry Yosodiningrat mengatakan, pengamanan terhadap rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya pada saat mudik Lebaran perlu diperhatikan. Pengawasan bisa dilakukan oleh masyarakat setempat.

"Kegaduhan malah bisa terjadi ketika rumah kosong. Nah itu hanya antisipasi dari warga masing-masing yang akan meninggalkan rumah dan lingkungan," kata Henry dalam diskusi‎ "Keamanan Jelang Lebaran" di Menteng, Jakarta, Sabtu (4/7).

Henry menjelaskan, lingkungan dalam hal ini barangkali ada pertemuan-pertemuan khusus di tingkat RT/RW. Hal ini untuk mengantisipasi kasus pencurian pada saat warga mudik. "Bagaimana sistem keamanan di lingkungan," ucapnya.

Selain itu, Henry menambahkan, pihak kepolisian bisa ‎bekerja sama dengan pemerintah provinsi untuk mengatasi kasus kriminal di rumah warga yang ditinggalkan ketika mudik Lebaran. Namun paling utamanya, sambung dia, adalah peran dari RT/RW. Karena, kepolisian tidak bisa menjaga setiap rumah.

"‎Ketika rumah kosong, siapa yang bisa bantu jaga keamanan? Enggak mungkin aparat kepolisian akan menjaga setiap rumah orang. Ini peran dari RT/RW untuk menciptakan sistem pengamanan‎. Itu yang diperlukan," tandas Henry. (gil/jpnn) 

JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Henry Yosodiningrat mengatakan, pengamanan terhadap rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya pada

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close