Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sindoro-Sumbing Masih Ditutup

Minggu, 05 Juli 2015 – 07:30 WIB
Sindoro-Sumbing Masih Ditutup - JPNN.COM
indopos

jpnn.com - TEMANGGUNG - Perhutani masih menutup semua jalur pendakian di Gunung Sindoro dan Sumbing wilayah Temanggung. Penutupan ini untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan di wilayah kedua gunung tersebut.

Asper Badan Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung, Cahyono, menjelaskan, untuk sementara pendakian di Gunung Sumbing-Sindoro dari semua jalur ditutup.

Tetapi untuk pendakian malam selikuran di bulan Ramadan 2015 ini, pihaknya masih belum memastikan. “Kami masih melihat kondisi untuk pendakian bagi warga yang akan melakukan tradisi malam selikuran,” paparnya, Jumat (3/7).

Cahyono mengatakan, saat ini mulai memasuk musim kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran. Selama Juni 2015 telah terjadi kebakaran di area seluas 32,5 hektare di Gunung Sindoro. Akibat kebakaran ini, kerugian diperkirakan mencapai Rp 4.875.000.

Di Gunung Sumbing jalur yang biasa dilewati pendaki diantaranya Pos Kacepit Desa Pagergunung, Bulu. Kemudian ada jalur Kemloko (Tembarak) dan jalur Batursari (Kledung). Sementara untuk jalur pendakian Gunung Sindoro diantaranya jalur Kledung, Desa Mranggen (Bansari) dan Jumprit (Ngadirejo).

Seperti diketahui, setiap malam selikur bulan Ramadan, masyarakat mengadakan pendakian terutama di Gunung Sumbing. Tradisi ini memang sudah berlangsung selama puluhan tahun. Sementara tradisi selikuran tahun ini akan jatuh pada hari Selasa (7/7) mendatang. (jpnn/ton)

 

 

TEMANGGUNG - Perhutani masih menutup semua jalur pendakian di Gunung Sindoro dan Sumbing wilayah Temanggung. Penutupan ini untuk mengantisipasi terjadinya

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close