Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BNNP Pelototi Pulau Terluar, Perbatasan dengan Filipina

Minggu, 05 Juli 2015 – 11:49 WIB
BNNP Pelototi Pulau Terluar, Perbatasan dengan Filipina - JPNN.COM
Ilustrasi.

jpnn.com - KABUPATEN Kepulauan Sangihe merupakan salah satu kawasan perbatasan antar negara. Salah satu pulau di Sangihe yang berbatasan langsung dengan Filipina adalah Pulau Marore. Kerena menjadi pulau terluar, Pulau Marore menjadi perhatian khusus bagi Badan Narkotika Nasional khususnya BNNP Sulawesi Utara.

Ya, perhatian khusus tersebut karena Pulau Marore dan bisa berpotensi menjadi bidikan pintu masuk peredaran gelap narkoba dari negara lain. Oleh karena itu, BNNP Sulut bekerjasama dengan Lakhar BNK Kepulauan Sangihe mengadakan rangkaian kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di sana Kamis (25/6).

Kepala BNNP Sulut Sumirat Dwiyanto menjadi narasumber dalam kegiatan Intervensi Pola Hidup Sehat Bagi Pekerja Melalui Diskusi Interaktif. "Saat ini sangat diperlukan kewaspadaan dari semua unsur masyarakat terkait penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Apalagi di Sulawesi Utara dalam waktu akhir-akhir ini telah ditemukan Narkotika sintesis” kata Sumirat. 

Karenan itu Sumirat berharap semua peserta kegiatan yang hadir seperti babinsa, camat, lurah/kepala desa, dan karang taruna untuk dapat menjadi kader-kader yang tangguh lebih dan dapat mencegah penyalahgunaan narkoba dan melakukan pemberantasan peredaran gelapnya.

"Sehingga daerah dan masyarakat Sangihe dapat bebas narkoba dan menerapkan pola hidup sehat tanpa narkoba,” ujar Sumirat.

Selanjutnya, Kepala Lakhar BNK Kepulauan Sangihe Soffy Sherly Tamburian menyampaikan bahwa selama ini pihanya telah melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba. Misalnya seperti sosialisasi di lingkungan sekolah, instansi pemerintah, maupun masyarakat. Tak jarang juga mereka melakukan tes urine di beberapa lingkungan kerja. 

Selain kegiatan tersebut, tim dari BNNP Sulut juga melakukan kegiatan pemetaan jaringan peredaran narkoba di Sangihe. Kegiatan tersebut juga dilanjutkan dengan pelaksanaan operasi preventif terpadu yang melibatkan berbagai unsur. Misalnya, BNNP Sulut, Lakhar BNK Kepulauan Sangihe, Polres Sangihe, POM TNI di Sangihe, dan Satpol PP Pemkab Kepulauan Sangihe. (mas/jpnn)

KABUPATEN Kepulauan Sangihe merupakan salah satu kawasan perbatasan antar negara. Salah satu pulau di Sangihe yang berbatasan langsung dengan Filipina

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close