Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RESMI! WBO Copot Gelar Juara Dunia Floyd Mayweather

Rabu, 08 Juli 2015 – 01:26 WIB
RESMI! WBO Copot Gelar Juara Dunia Floyd Mayweather - JPNN.COM
Floyd Mayweather. Foto: AFP

jpnn.com - BADAN tinju World Boxing Organization (WBO) mengambil sikap tegas atas kelakuan petinju kelas welter Floyd 'Money' Mayweather Jr.

Senin (6/7) kemarin sabuk juara Money di kelas welter WBO resmi dilucuti alias dicopot. Ini menyusul ketidakpatuhan petinju Amerika Serikat tersebut terhadap regulasi WBO.

"WBO tidak punya alternatif lain selain mencopot status juara dunia kelas welter WBO Floyd Mayweather Jr, karena dia gagal memenuhi regulasi dari perebutan gelar juara dunia WBO," tulis WBO dalam pernyataan resminya, seperti dikutip dari ESPN.

Aturan yang dimaksud WBO adalah, seorang juara WBO diharuskan melepas gelar juara dunia di badan lain setelah memastikan gelar WBO. Sebelum mendapatkan (unifikasi) gelar juara kelas welter WBO usai mengalahkan Manny Pacquia, 2 Mei lalu, Mayweather adalah pemegang sabuk juara welter World Boxing Council (WBC).

Dalam regulasi WBO, petinju yang sudah mendapat gelar WBO harus rela melepas gelar WBC agar titel itu kemudian diperebutkan petinju lain. Namun Mayweather malah asyik menikmati dua gelarnya.

WBO bertambah geram, sebab selain pelanggaran regulasi Mayweather tak kunjung membayar denda sebesar US$200.000 atau setara dengan Rp2,7 miliar rupiah sampai tenggat waktu 4 Juli 2015 kemarin. Padahal, saat memenangi duel kontra Pacquiao, Money menerima sedikitnya Rp2,9 triliun.

Biasanya, WBO memberikan kesempatan kepada petinju selama 10 hari untuk memutuskan mana gelar yang akan terus dia pegang. Namun ini sudah dua bulan, dan kesabaran WBO habis...

"WBO menghormati Floyd Mayweather Jr dengan segala karier yang dia capai. Namun kami yakin Pak Mayweather juga setuju, bahwa di dalam kejuaraan dunia selalu ada hak dan tanggung jawab, serta kepatuhan kepada peraturan," sebut WBO.

BADAN tinju World Boxing Organization (WBO) mengambil sikap tegas atas kelakuan petinju kelas welter Floyd 'Money' Mayweather Jr. Senin (6/7)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close