Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Kabar Baik bagi Pemudik yang Lewat Tol

Rabu, 08 Juli 2015 – 06:51 WIB
Ini Kabar Baik bagi Pemudik yang Lewat Tol - JPNN.COM
Gerbang tol Waru I dan Ramp pukul 10 tadi malam. Mulai kemarin pelanggan sudah menikmati diskon tarif menyambut Lebaran. Potongan tarif itu berlaku sampai 22 Juli 2015. Foto: Boy Slamet/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA – Diskon tarif tol sebesar 25–35 persen diterapkan mulai pukul 00.00 Selasa tengah malam (7/7). Bukan hanya tol yang dikelola BUMN (PT Jasa Marga), diskon juga diberlakukan di jalur tol yang dioperatori swasta selama 16 hari hingga Rabu (22/7) pukul 24.00 mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan, diskon mulai H-10 sampai H+5 tersebut ditujukan agar ada prioritas pengguna jalan menggunakan jalur tol.

”Dengan begitu, diharapkan kemacetan juga bisa dikurangi,” kata Basuki di kompleks Istana Presiden, Jakarta, kemarin.

Pemerintah menargetkan, dengan kebijakan tersebut, kemacetan nanti bisa dikurangi setidaknya hingga 40 persen dibanding tahun lalu. ”Ini juga hadiah bagi para pemudik di seluruh tanah air,” ucapnya.

Corporate Secretary PT Jasa Marga Mohammad Sofyan menjelaskan, ada dua skema yang dilakukan pihaknya. Pertama, potongan 35 persen untuk seluruh ruas jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga.

Sedangkan kedua, diskon 25 persen untuk jalan tol dalam kota yang dioperasikan bersama dengan PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). ”Ini berlaku untuk semua golongan,” ujarnya saat dihubungi kemarin.

Dengan adanya diskon Lebaran itu, lanjut Sofyan, tarif tol untuk kendaraan jenis sedan, jip, pikap/truk kecil, dan bus turun dari Rp 8 ribu jadi Rp 6 ribu. Sedangkan tarif truk ganda dengan dua sumbu roda turun dari Rp 10 ribu jadi Rp 7.500. Demikian juga lainnya.

Sofyan mengakui, secara teoretis pemberlakuan tersebut akan berdampak pada pengurangan pendapatan operator. Namun, di sisi lain pihaknya melihat adanya kemungkinan potensi peningkatan jumlah pengguna. Selain itu, dia memastikan bahwa diskon yang diberikan tidak akan mengurangi layanan yang diberikan kepada pengguna jalan bebas hambatan tersebut. (dyn/mia/c9/kim)

JAKARTA – Diskon tarif tol sebesar 25–35 persen diterapkan mulai pukul 00.00 Selasa tengah malam (7/7). Bukan hanya tol yang dikelola

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close