Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ancaman Serangan Cyber ke Australia Semakin Meningkat

Rabu, 29 Juli 2015 – 17:24 WIB
Ancaman Serangan Cyber ke Australia Semakin Meningkat - JPNN.COM

Badan Intelejen Australia memperingatkan jumlah ancaman keamanan internet yang dihadapi Australia semakin meningkat dari hari ke hari.

Peringatan ini disampaikan Pusat Keamanan Internet Australia (ACSC) yang merupakan mitra dari lembaga intelejen dan penegak hukum di Australia termasuk ASIO dan Polisi Federal Australia (AFP).
 
Dalam laporan ACSC yang dibuka ke publik untuk pertama kalinya terungkap ada lebih dari 11.000  insiden keamanan di dunia maya yang mempengaruhi kalangan pebisnis Australia sepanjang tahun lalu.
 
Lebih dari 150 insiden tersebut melibatkan  infrastruktur penting dan apa yang disebut sistem penting nasional Australia.
 
ACSC mengatakan lembaganya hampir setiap hari menemukan kegiatan spionase di dunia maya yang menargetkan jaringan internet Pemerintah Australia tetapi Australia sejauh ini belum menjadi subjek dari kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai serangan cyber di internet,"
 
Laporan ACSC menyatakan : "serangan cyber yang merusak bisa dianggap setara dengan serangan bersenjata, dan karena itu, tindakan tersebut disebut perang."
 
ACSC mendesak para pebisnis Australia untuk waspada menghadapi risiko ancaman cyber dan mengatakan bank dan perusahaan energi merupakan institusi perusahaan yang paling ditargetkan pada tahun 2014.
 
"Untuk memerangi ancaman yang dijelaskan secara rinci dalam laporan ini dan mengurangi risiko berkompromi, institusi bisnis di Australia harus segera bertindak untuk menerapkan langkah-langkah keamanan cyber agar Australia tidak menjadi target sasaran yang mudah.
 
"Selain itu tindakan pencegahan ini juga diperlukan untuk meningkatkan  kepercayaan diri warga Australia saat mereka sedang online, dan memaksimalkan manfaat dari internet untuk berbagai institusi di Australia, "kata ACSC.
 
Menteri Komunikasi Malcolm Turnbull mengatakan pihaknya menyambut gembira laporan tersebut.
 
"Penting bagi kita semua menyadari risiko kejahatan cyber dan banyak perilaku mendasar internet bersih yang bisa anda praktekan untuk melindungi diri Anda dari banyak hal," kata Turnbull.
 
"Pastikan semua perangkat lunak Anda selalu diperbaharui, tidak membuka lampiran dari siapa pun yang tidak Anda kenal atau percaya," katanya.
 

 

Badan Intelejen Australia memperingatkan jumlah ancaman keamanan internet yang dihadapi Australia semakin meningkat dari hari ke hari.Peringatan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close