Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kenali 4 Hal yang Bisa Bikin Suara Anda Tiba-tiba Hilang

Rabu, 29 Juli 2015 – 22:02 WIB
Kenali 4 Hal yang Bisa Bikin Suara Anda Tiba-tiba Hilang - JPNN.COM
Kenali 4 Hal yang Bisa Bikin Suara Anda Tiba-tiba Hilang. Foto: Ist

jpnn.com - KEHILANGAN suara bisa menjadi masalah besar dan dapat disebabkan karena bersuara terlalu keras atau kondisi medis yang lebih serius. Banyak vokalis dan orang-orang yang menggunakan suaranya dengan volume tinggi dalam jangka waktu yang lama kadang-kadang kehilangan suaranya.

Berikut beberapa penyebab suara Anda hilang, seperti dilansir laman Health, Selasa (28/7):

1. Laringitis (penyebab paling umum dari suara serak atau suara hilang) terjadi ketika kotak suara Anda meradang yang menyebabkan pembengkakan yang membuat pita suara Anda sulit membuka dan menutup dengan lancar. Sebuah infeksi virus, seperti pilek atau flu adalah penyebab yang biasa.

2. Regangan juga merupakan penyebab lain laringitis. Regangan suara bisa hilang sendiri dengan istirahat dan minum banyak cairan. Tapi Anda benar-benar harus mengistirahatkan suara Anda secara total karena jika tidak maka bisa mengarah pada pembentukan polip atau nodul yang mungkin memerlukan operasi.

3. Jika suara serak berlanjut selama beberapa minggu atau terus datang kembali, mungkin ada sesuatu yang lain terjadi. Salah satu kemungkinan adalah refluks asam. Ketika asam lambung datang kembali ke esofagus maka hal ini bisa menyebabkan iritasi pita suara.

Jenis refluks paling terkait dengan isu-isu suara disebut penyakit refluks lisaryngopharyngeal dan sering menyebabkan mulas atau mual. Dokter Anda bisa meresepkan antasida dan obat-obatan lainnya (seperti steroid) yang bisa membantu suara Anda menjadi lebih baik.

4. Penyebab lain mungkin adalah infeksi jamur di tenggorokan Anda, juga disebut oral thrush. Paling sering terjadi pada orang dengan sistem kekebalan rendah seperti orang-orang dengan HIV atau kanker, tapi orang-orang yang menggunakan inhaler kortikosteroid untuk mengobati asma mereka juga lebih rentan.

Itu karena steroid lokal bisat menurunkan fungsi kekebalan tubuh Anda, yang memungkinkan pertumbuhan berlebih dari ragi. Antijamur oral bisa mengatasinya.(fny/jpnn)

KEHILANGAN suara bisa menjadi masalah besar dan dapat disebabkan karena bersuara terlalu keras atau kondisi medis yang lebih serius. Banyak vokalis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close