Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mau Jadi Paskibraka? Ini Syaratnya...

Kamis, 30 Juli 2015 – 09:58 WIB
Mau Jadi Paskibraka? Ini Syaratnya... - JPNN.COM
Putra putri terbaik Indonesia calon pengibar bendera pusaka, digembleng di Wisma Soegondo, PP PON, Cibubur, Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - MENJADI Paskibraka Indonesia sejatinya memiliki beberapa persyaratan yang susah-susah gampang. Tapi, faktor fisik, menjadi prasyarat utama yang harus dipenuhi oleh mereka yang ingin menjadi Paskibraka 17 Agustus di Istana Negara.

Untuk fisik, putri dipatok memiliki tinggi minimal 165 cm, kemudian yang putra minimal 170 cm. Tapi, tinggi yang yang cukup harus dibarengi dengan berat badan yang ideal.

"Kalau tinggi 175 tapi beratnya 90, ya pasti bulet ini orangnya. Nggak bisa, harus ideal tinggi-beratnya," kata Sudarmo, Ketua Pembina Paskibraka 2015, kepada JPNN.com di  PP PON, Cibubur, Jakarta, Rabu (29/7).

Selain itu, syarat fisik lainnya adalah mampu sikap tegap, kaki tak berbentuk O atau X. Suara dan kemampuan pengelihatan masih baik.

"Harus tidak berkaca mata, dan tidak buta warna. Fungsinya nanti kalau sudah di lapangan, karena ada tanda yang akan sulit terlihat di lapangan, kalau ada masalah dengan pengelihatan," terang lelaki 68 tahun tersebut.

Syarat lainnya, lolos tes kepribadian, psikologi, dan etika. Performa dan daya tangkap calon Paskibraka harus cepat, sehingga saat mendapatkan instruksi bisa langsung tanggap.

Syarat lainnya, nilai akademik calon Paskibraka harus di atas rata-rata di sekolah tersebut.

"Nilai setiap mata pelajaran, harus ada di atas tujuh, tapi kalau di sekolah itu rata-ratanya tinggi, ya harus di atasnya lah. Karena ini hubungannya dengan kemampuan saat test," tegas alumnus SMA N 4 Surabaya tersebut. (dkk/jpnn)

MENJADI Paskibraka Indonesia sejatinya memiliki beberapa persyaratan yang susah-susah gampang. Tapi, faktor fisik, menjadi prasyarat utama yang harus

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close