Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

India Eksekusi Mati Donatur Bom Mumbai

Kamis, 30 Juli 2015 – 11:23 WIB
India Eksekusi Mati Donatur Bom Mumbai - JPNN.COM
Mahkamah agung India menolak permohonan penundaan eksekusi mati Yakub Memon. Foto: AP

jpnn.com - MUMBAI - Pemerintah Negara Bagian Maharashtra, India akhirnya mengeksekusi Yakub Memon, terpidana bom Mumbai pada tahun 1993. Memon didakwa karena ikut terlibat sebagai donatur aksi pengeboman yang menewaskan 257 orang tersebut.

Memon dieksekusi dengan cara digantung di sebuah penjara di Nagpur di negara bagian barat. Pengeboman beruntun itu diduga untuk membalas pembunuhan terhadap kaum Muslim dalam kerusuhan beberapa bulan sebelumnya.

India jarang melakukan hukuman mati. Bahkan hanya ada tiga orang yang dieksekusi sejak tahun 2004. Memon digantung jam setelah Mahkamah Agung menolak permohonan terakhir, untuk menunda eksekusi.

India Eksekusi Mati Donatur Bom Mumbai

Boman Mumbai menewaskan sekitar 257 orang. Foto: AFP 

Pengacara terpidana mati mengajukan keberatan di Mahkamah Agung, bahwa eksekusi hanya dapat dilakukan setelah tujuh hari telah berlalu setelah penolakan permohonan pengampunan.

Namun, dalam pembacaan putusan tadi pagi, mahkamah menyatakan permohonan terpidana sudah ditolak tahun lalu, maka eksekusi sudah memenuhi prosedur seperti dilaporkan para media di India.

Sejumlah petugas keamanan berjaga dengan ketat di sekitar penjara Nagpur dan di beberapa bagian ibukota negara, Mumbai saat eksekusi itu berlangsung pada Kamis pagi. 

MUMBAI - Pemerintah Negara Bagian Maharashtra, India akhirnya mengeksekusi Yakub Memon, terpidana bom Mumbai pada tahun 1993. Memon didakwa karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close