Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ogah jadi Kambing Hitam, Menteri Gobel Minta Pelindo II Ikut Bertanggung jawab

Jumat, 31 Juli 2015 – 01:41 WIB
Ogah jadi Kambing Hitam, Menteri Gobel Minta Pelindo II Ikut Bertanggung jawab - JPNN.COM
Rachmat Gobel. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel ogah dijadikan Kambing Hitam terkait masalah dwelling time atau lamanya waktu bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Menurutnya, seluruh pihak terkait turut andil dalam molornya dwelling time.  

Selain kementerian terkait, Gobel juga meminta PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II bertanggung jawab dalam melakukan penertiban di kawasannya.

"‎Ini memang harus ditertibkan, dan itu bukan hanya di Kemendag saja. Tapi di semua, baik di Pelindo sendiri. Semua harus melakukannya bersama. Tidak bisa hanya di Kemendag saja, di kementerian lain juga demikian‎‎," papar Gobel di kantornya, Kamis (30/7).

Untuk mempersingkat waktu bongkar muat di pelabuhan, Kemendag kata Gobel telah mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen), terkait pengurusan izin impor, yang menyebabkan lamanya proses dwelling time di pelabuhan.

Nantinya, para importir harus lebih dulu mengurus izin impornya, sebelum membawa produk mereka ke Indonesia. Bila ada importir yang masih bandel, maka barangnya tidak akan diturunkan.

"Kalau sudah terbawa (produknya), mereka tidak boleh bongkar dari kapal. Jadi mereka harus mengurus izinnya lebih dahulu supaya tidak menciptakan adanya lubang yang menjadi persoalan dan masalah," tandas pria berusia 52 tahun ini. (chi/jpnn)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel ogah dijadikan Kambing Hitam terkait masalah dwelling time atau lamanya waktu bongkar muat di

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close