Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penjualan Mobil RI Paling Menyedihkan, Ini Datanya

Sabtu, 01 Agustus 2015 – 06:32 WIB
Penjualan Mobil RI Paling Menyedihkan, Ini Datanya - JPNN.COM
Foto ilustrasi.dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Penjualan kendaraan roda empat di kawasan Asia Tenggara periode Januari-Juni 2015 hanya 1,48 juta unit, turun 7,9 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Dari data Asean Automotive Federation (AAF) itu, Indonesia mengalami penurunan penjualan paling tajam.

Menurut AAF, penjualan mobil di Indonesia semester pertama tahun ini mencapai 525.458 unit, anjlok 18,2 persen dibanding semester pertama 2014 yang sebanyak 642.110 unit. Pangsa pasar otomotif Indonesia di Asean juga turun menjadi 35,45 persen dari sebelumnya 40 persen.

"Tapi Indonesia masih menjadi pasar otomotif terbesar di Asean," ujar Ketua II Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi kemarin (31/7).

Rival terdekat Indonesia, Thailand, juga mengalami penurunan penjualan di dalam negerinya. Penjualan mobil di Thailand turun 16,3 persen setelah hanya berhasil menjual mobil sebanyak 369.109 unit.

Akibatnya, pangsa pasar otomotif Negeri Gajah Putih terkoreksi menjadi 24,9 persen dari sebelumnya 27,4 persen pada semester I 2014. Meski begitu, industri otomotif Thailand lega karena produksinya 60-70 persen di ekspor.

Dengan hasil yang dicapai sepanjang enam bulan pertama tahun ini, Gaikindo memprediksi penjualan mobil di dalam negeri hingga akhir tahun nanti ada di kisaran satu juta unit hingga 1,05 juta unit.

"Kalau lihat Januari dan Februari pasar agak tinggi tapi setelah itu pasar mengalami stagnasi, Mei dan Juni pasar tidak beranjak di kisaran 79.000 sampai 80.000 unit. Sementara bulan Juli banyak hari libur," terangnya.

Bahkan menurutnya, dengan kondisi ekonomi seperti saat ini total penjualan per bulan hingga akhir tahun hanya akan di kisaran 80.000 unit per bulan. Apa lagi kondisi ekonomi global seperti ketidakstabilan ekonomi di Yunani dan Tiongkok bisa berdampak negatif pada kondisi ekonomi di dalam negeri.

JAKARTA - Penjualan kendaraan roda empat di kawasan Asia Tenggara periode Januari-Juni 2015 hanya 1,48 juta unit, turun 7,9 persen dibandingkan periode

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close