Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dikunjungi Risma, Batam Tertarik Kelola Sampah Mirip Surabaya

Sabtu, 01 Agustus 2015 – 07:42 WIB
Dikunjungi Risma, Batam Tertarik Kelola Sampah Mirip Surabaya - JPNN.COM
Tri Rismaharini saat berkunjung ke Kantor Wali Kota Batam, Jumat (31/7).

jpnn.com - BATAM - Pemerintah Kota (Pemko) Batam tertarik dengan pengelolaan sampah yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Ibu Kota Jawa Timur itu mengelola sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) untuk diubah menjadi listrik dengan menggandeng Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Hal itu mengemuka dalam pertemuan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan saat menerima kunjungan kerja Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di Kantor Wali Kota Batam, Jumat (31/7).

Menurut Risma, Pemkot Surabaya mengalokasikan bidang tanah seluas 200-500 meter persegi untuk dibuat TPS dan diolah menjadi listrik menggunakan teknologi senilai hampir Rp200 juta di setiap titiknya.   

"Listrik yang dihasilkan mencapai 6000 watt dan bisa untuk menghidupkan lampu untuk taman di sekitar TPS itu," jelas Risma.

Risma menargetkan, setiap tahun mampu mengalokasikan 5 titik TPS, sedangkan tahun ini sudah terbangun 2 titik. Namun dirinya juga tidak menampik peran serta masyarakat sangat penting. Pemkot Surabaya mengaku sangat terbantu dengan antusias warga dan kesadaran pentingnya kebersihan bagi lingkungannya. 

"Kami bantu pengadaan gerobak sampah. Selebihnya warga swakelola dengan mengangkat sampah itu sendiri ke TPS atau mereka urunan bayar petugas pengangkut," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan pihaknya tertarik untuk membuat pengolahan sampah di TPS seperti yang dilakukan di Surabaya. 

"Saya akan mengirimkan staf di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam untuk mempelajari sistem tersebut ke Surabaya," katanya.

BATAM - Pemerintah Kota (Pemko) Batam tertarik dengan pengelolaan sampah yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Ibu Kota Jawa Timur itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close