Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Biar tak Kesurupan Masal dan Usir Setan, Siswa Wajib Berkalung Bawang

Minggu, 02 Agustus 2015 – 05:17 WIB
Biar tak Kesurupan Masal dan Usir Setan, Siswa Wajib Berkalung Bawang - JPNN.COM
Ilustrasi.

jpnn.com - TULUNGAGUNG - Acara masa orientasi siswa (MOS) siswa baru di Tulungagung ternyata masih diwarnai perpeloncoan. Siswa baru diminta memakai atribut yang aneh-aneh dan bahkan berbau syirik. Hal itu, misalnya, dialami siswa kelas X SMK Perwari Tulungagung kemarin (1/8). 

Meski siswa memakai seragam olahraga, ada atribut yang wajib dikenakan, yakni kalung bawang putih dan makanan ringan. Padahal, dinas pendidikan (dispendik) melarang praktik perpeloncoan, termasuk memakai atribut aneh. 

Berdasar pantauan, para siswa baru berjalan kaki keliling kawasan Sungai Ngrowo. Mereka memakai baju olahraga, topi, nama dada, serta sebuah kalung berupa bawang putih dan dua makanan ringan rasa cokelat. Informasinya, kalung bawang itu wajib dikenakan untuk mengusir setan. 

Kepala SMK Perwari Dwi Harsono tidak menampik adanya perpeloncoan dengan memakai atribut aneh itu. Dia menegaskan, sebenarnya larangan memakai atribut aneh seperti kalung bawang sudah disampaikan dalam upacara pembukaan pagi sehari sebelumnya. Tetapi, ternyata masih ada siswa yang memakai. 

Dwi mengaku kaget saat mengetahui ada siswa baru yang memakai kalung bawang. Dia pun meminta atribut itu tidak dipakai. Pelaksanaan masa orientasi gugus depan (gudep) berlangsung sehari hingga malam. ''Saya sudah minta agar dilepas. Masa, (kalung bawang) itu untuk menangkal setan?'' katanya. 

Dia membenarkan kondisi sekolah yang dipimpinnya memang rawan. Saat beberapa kali dilangsungkan kegiatan malam, ada siswa yang kesurupan. ''Memang ada siswa yang kesurupan saat kegiatan malam di sekolah. Tetapi, yang pasti atribut (kalung bawang) itu sudah kami larang,'' tegasnya. 

Di tempat terpisah, Sekretaris Dispendik Tulungagung Sugiarno menyatakan, pihaknya akan menindaklanjuti informasi soal masih adanya atribut aneh yang dipakai saat masa orientasi. Jika terbukti, sekolah akan diberi peringatan. ''Nanti kami tindak lanjuti informasi tersebut,'' ujarnya. (wen/ris/dwi/mas)

TULUNGAGUNG - Acara masa orientasi siswa (MOS) siswa baru di Tulungagung ternyata masih diwarnai perpeloncoan. Siswa baru diminta memakai atribut

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close