Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Dia Tujuh Teori Konspirasi Terpanas tentang Misteri MH370

Senin, 03 Agustus 2015 – 06:06 WIB
Ini Dia Tujuh Teori Konspirasi Terpanas tentang Misteri MH370 - JPNN.COM
Ilustrasi - Naik pesawat. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com - Penerbangan Malaysia Airlines rute Kuala Lumpur-Beijing bernomor MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014 masih menjadi misteri. Lokasi terakhir pesawat dan penyebab hilangnya pun masih menjadi pertanyaan.

Spekulasi pun muncul. Para ahli teori konspirasi menyodorkan berbagai analisanya tentang penyebab MH370 lenyap.

Setidaknya ada 7 teori konspirasi yang paling menonjol tentang hilangnya MH370. Apa saja itu?

Pertama adalah MH370 dibajak oleh pilotnya sendiri, yakni Zaharie Ahmad Shah. Para penganut teori konspirasi menyebut Zaharie telah merencanakan pembunuhan masal karena masalah pribadi.

Zaharie diyakini punya masalah pribadi karena rumah tangganya berantakan akibat perceraiannya dari Fizah Khan. Kekecewaannya bertambah lantaran marah pada putusan pengadilan terhadap saudaranya yang juga politikus terkenal Malaysia, Anwar Ibrahim yang dinyatakan terbukti bersalah dalam kasus sodomi. Putusam pengadilan atas Anwar itu keluar hanya hanya beberapa saat sebelum Zaharie naik ke kursi pilot Malaysia Airlines MH370.

Ia diyakini mengunci ruang cockpit saat co-pilot keluar, mematikan seluruh saluran komunikasi, mengurangi tekanan udara di kabin utama dan menyalakan sistem kendali otomatis hingga pesawat jatuh karena kehabisan bahan bakar. Kesimpulan itu diperkuat hasil penyelidikan independen oleh Ewan Wilson yang juga pilot komersial dan pendiri Kiwi Airlines.

Dari penyelidikan itu terungkap bahwa Zaharie sudah berlatih di rumahnya dengan flight simulator untuk membawa pesawat dengan 227 penumpang itu ke lokasi terpencil.

Teori kedua adalah aksi nekat kopilot MH370, Fariq Abdul Hamid yang membajak sendiri pesawat dengan 12 kru itu. Fariq hendak bunuh diri karena masalah pribadi.

PENERBANGAN Malaysia Airlines rute Kuala Lumpur-Beijing bernomor MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014 masih menjadi misteri. Lokasi terakhir pesawat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close