Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alumni GMNI Bakal Gelar Kongres untuk Rumuskan Jalan Menuju Trisakti

Rabu, 05 Agustus 2015 – 17:57 WIB
Alumni GMNI Bakal Gelar Kongres untuk Rumuskan Jalan Menuju Trisakti - JPNN.COM
Sekjen PA-GMNI, Ahmad Basarah. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional (PA GMNI) akan menggelar kongres III di Jakarta pada 7-9 Agustus mendatang. Rencananya, dalam kongres itu akan dibahas tentang peta jalan (roadmap) untuk mewujudkan cita-cita Trisakti yang digagas Proklamator RI, Soekarno.

Menurut Sekjen PA GMNI, Ahmad Basarah,  untuk mewujudkan Trisaksi memang membutuhkan cara dan strategi. Karenanya, Kongres III PA GMNI merumuskan kembali peta jalan bagi bangsa Indonesia demi mewujudkan cita-cita masyarakat Pancasila sebagaimana dicetuskan Bung Karno dalam pidatonya di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945.

“Yakni demi Indonesia yang berberdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian yang berkebudayaan Indonesia,” kata Basarah di Jakarta, Rabu (5/8).

Rencananya, Kongres III PA GMNI akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Tema yang diusung dalam kongres itu adalah Jalan Trisakti Menuju Tatanan Masyarakat Pancasila.

Basarah menambahkan, panitia sengaja memilih tema itu karena para alumni GMNI menilai dan merasakan bahwa di era reformasi yang liberalistik saat ini, bangsa Indonesia telah kehilangan roadmap untuk mencapai cita-cita dan tujuan bernegara. Sayangnya, katanya, bangsa Indonesia telah kehilangan arah perjuangan karena meninggalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

Karenanya Kongres III PA GMNI akan mengkaji, mambahas dan merumuskan kembali peta jalan bangsa Indonesia agar terwujud cita-cita masyarakat Pancasila sebagaimana filosofi yang di pidatokan Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 di depan sidang BPUPKI. “Pancasila debagai dasar dan ideologi negara semestinya berfungsi sebagai dasar berpijak untuk melangkah ke arah yang dicita-citakan Indonesia sebagai sebuah bangsa,” katanya.

Sedangkan  Ketua Panitia Kongres II PA-GMNI, Ugik Kurniadi mengatakan, forum itu akan dihadiri  1.000 orang peserta dan peninjau. Di antaranya dari pengurus GMNI di pusat maupun daerah. Ugik mengatakan, Kongres III PA-GMNI akan digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.(ara/jpnn)

JAKARTA - Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional (PA GMNI) akan menggelar kongres III di Jakarta pada 7-9 Agustus mendatang. Rencananya, dalam

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close