Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2 Direktur Sebut Menteri Rini Tak Becus dan Hanya jadi Beban Jokowi

Kamis, 27 Agustus 2015 – 09:07 WIB
2 Direktur Sebut Menteri Rini Tak Becus dan Hanya jadi Beban Jokowi - JPNN.COM
Rini Soemarno dan Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo didesak untuk segera mengganti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, sebagai salah satu upaya memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis Uchok Sky Khadafi menilai Menteri BUMN tak becus mengurusi BUMN.

Faktanya, banyak BUMN yang terus merugi, bahkan terlilit utang triliunan rupiah, seperti yang dialami Garuda Indonesia. Karena itu, Uchok minta Presiden Jokowi segera melakukan reshuffle jilid II. Pergantian tim kabinet ekonomi Jokowi kemarin belumlah cukup karena yang diganti hanya menteri koordinator saja.

"Sedangkan Menteri Keuangan, Menteri ESDM, dan Menteri BUMN belum disentuh atau diganti sama sekali," kata Uchok, di Jakarta, Kamis, (27/8). 

Uchok menjelaskan, Menteri Rini sejak mulai bekerja banyak memicu kontroversi seperti merestui Garuda menambah utang dengan membeli pesawat untuk rute jarak jauh, merestui BUMN melakukan right issue dan berutang keluar negeri tanpa kontrol yang ketat. Karenanya, Uchok pun menyarankan sebaiknya Rini mundur dari jabatan Menteri BUMN. "Jika tidak diganti, Rini akan menjadi beban Jokowi," tegasnya. 

Direktur Eksekutif Energi Watch Indonesia, Ferdinand Hutahaean menambahkan, aksi Rini merestui BUMN melakukan buyback saham di tengah rupiah melemah justru menguntungkan sekelompok pemburu rente.
  
"Rini juga merestui konsesi JICT kepada asing. Padahal, kasus dwelling time yang membuat presiden murka salah satu picunya adalah karena itu," katanya.

Jadi kata Ferdinand, kebijakan Rini hingga saat ini selalu berkutat pada jual beli dan hutang. Bahkan, lanjut Ferdinand, Rini sejak menjabat tak memperlihatkan performa kerja yang meyakinkan.

"Ya memang dari sejak lama kita sudah menyoroti kinerja Menteri BUMN yang memang banyak kontroversial dan selalu menjadi bahan debat di ruang publik tentang banyak kebijakannya," pungkasnya. (boy/jpnn)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo didesak untuk segera mengganti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, sebagai salah satu upaya memperkuat

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close