Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Australia Tidak Lagi Terbitkan Label Visa di Paspor

Jumat, 28 Agustus 2015 – 13:22 WIB
Australia Tidak Lagi Terbitkan Label Visa di Paspor - JPNN.COM

Mulai 1 September 2015, Departemen Imigrasi Australia tidak lagi akan mengeluarkan label visa untuk ditempelkan di paspor bagi mereka yang hendak mengunjungi Australia.

Langkah ini diambil untuk merampingkan proses pengeluaran visa dan juga untuk meningkatkan penggunaan teknologi digital.

Menurut keterangan Departemen Imigrasi, selama ini, penerbitan visa menyebabkan adanya biaya, penundaan dan kadang menimbulkan kerepotan bagi pihak yang menerbitkan maupun mereka yang memohon visa.

Australia Tidak Lagi Terbitkan Label Visa di Paspor
Label visa seperti ini tidak akan dikeluarkan lagi oleh Departemen Imigrasi Australia.Flickr/cc Sergey.

 

Langkah terbaru ini mengikuti apa yang sudah dilakukan terhadap warga asing yang berada di Australia sebagai penduduk tetap (permanent resident) dimana label visa tidak lagi ditempelkan di buku paspor.

Departemen Imigrasi sudah memiliki sistem yang disebut Visa Entitlement Verification Online (VEVO) yaitu sistem pengecekan online mengenai visa yang dimiliki oleh seseorang yang berkunjung atau menetap di Australia.

Petugas penerbangan juga sudah memiliki sistem Pemrosesan Penumpang Lanjut yang bisa mengukuhkan apakah penumpang yang akan bepergian ke Australia memilki visa atau tidak.

Mulai 1 September 2015, Departemen Imigrasi Australia tidak lagi akan mengeluarkan label visa untuk ditempelkan di paspor bagi mereka yang hendak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close