Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Khasiat Musik bagi Penderita Epilepsi

Jumat, 28 Agustus 2015 – 15:07 WIB
Ini Khasiat Musik bagi Penderita Epilepsi - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: Istimewa

jpnn.com - LEBIH dari sekadar hiburan, ternyata musik berkhasiat mencegah munculnya kejang-kejang yang kerap menyerang penderita epilepsi. Sebuah penelitian terbaru telah membuktikannya.  

Baru-baru ini, tim peneliti dari The Ohio State University Wexner Medical Center, mengumpulkan 21 pasien epilepsi. Mereka diperdengarkan lagu Mozart, Sonata in D Major, Andante II dan rendition John Coltrane. Kemudian pola gelombang otak mereka direkam. 

Para peneliti fokus pada musik dan otak penderita epilepsi. Sebab, musik diproses di lobus temporal, daerah yang sama pada otak di mana kejang epilepsi bermula.

Hasilnya, aktivitas gelombang otak penderita epilepsi lebih tinggi sambil mendengarkan musik. Selain itu, gelombang otak mereka cenderung menyingkronkan irama musik. Terutama di lobus temporal. 

"Ternyata, ketika mendengarkan musik, pola gelombang otak penderita epilepsi berbeda dari mereka yang normal. Kami terkejut dengan temuan ini," kata peneliti Christine Charyton, PhD, dalam pertemuan American Psychological Association, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (25/8). 

Merujuk temuan tersebut, tim peneliti menyimpulkan bahwa musik bisa digunakan sebagai alat terapi yang sangat baik bagi penderita epilepsi.  
(fny/jpnn)

LEBIH dari sekadar hiburan, ternyata musik berkhasiat mencegah munculnya kejang-kejang yang kerap menyerang penderita epilepsi. Sebuah penelitian terbaru

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close