Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

MenPAN-RB Sebut Banyak Lembaga Layak Dibubarkan

Senin, 31 Agustus 2015 – 13:20 WIB
MenPAN-RB Sebut Banyak Lembaga Layak Dibubarkan - JPNN.COM
Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengungkapkan, dari 22 lembaga non struktural (LNS) yang telah ditinjau langsung, sebagian besar layak dibubarkan. Pertimbangannya, selain boros anggaran, SDM, tidak efisien, juga tumpang tindih fungsi.

"Saya sudah melakukan peninjauan di 22 LNS bentukan Kepres/Perpres‎, empat LNS bentukan PP. Masih ada beberapa lagi yang harus saya tinjau. Namun dari hasil peninjauan ini, saya lihat banyak yang tidak layak dipertahankan," kata Yuddy di kantornya, Senin (31/8).

Dia mengaku mendapatkan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo agar seluruh LNS baik bentukan Perpres/Kepres, PP, dan UU dievaluasi. Untuk tahap awal yang dikejar adalah LNS bentukan Perpres/Kepres dan PP karena lebih mudah dieksekusi.

"Menurut Presiden, LNS yang boros dari sisi anggaran dan SDM serta tumpang tindih ke‎wenangan sebaiknya dihapuskan," terangnya.

Rencananya, hasil evaluasi ini akan diserahkan kepada Presiden pertengahan September. Yuddy menyatakan, meski nanti KemenPAN-RB merekomendasikan banyak LNS yang harus dibubarkan, namun keputusannya ada di tangan Presiden.

"Kalau Presiden hanya membubarkan beberapa saja dari hasil kajian KemenPAN-RB, bagi kami itu tidak menjadi masalah. Karena Presiden pasti punya pertimbangan tersendiri," tandasnya. (esy/jpnn)

 

JAKARTA--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengungkapkan, dari 22 lembaga non struktural

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close