Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saat Kita Menjadi Bagian dari Generasi Plastik Pencemar Lingkungan

Selasa, 01 September 2015 – 12:21 WIB
Saat Kita Menjadi Bagian dari Generasi Plastik Pencemar Lingkungan - JPNN.COM

Sejak tahun 1950-an, produksi plastik semakin meningkat. Kini hasilnya, jutaan ton sampah plastik memasuki ke laut setiap tahunnya. Belum lagi dengan kemampuan plastik yang tahan lama, membuat lingkungan semakin terancam rusak akibat polusi plastik.

CSIRO, lembaga penelitian di Australia baru-baru ini melaporkan sepertiga penyu laut di seluruh dunia telah menelan sampah plastik. 

Sampah plastik ini bisa jadi berasal dari kantung plastik yang tadi malam kita gunakan untuk membawa dan membungkus sesuatu.

Sayangnya, bukannya didaur ulang, atau digunakan kembali, banyak kantung plastik malah berakhir di jalanan. Awalnya tertiup angin, kemudian mulai terkoyak-koyak, mengendap di pojokan jalan, kemudian terdorong ke sungai oleh hujan, yang terus mengalir hingga ke lautan dan menjadi mangsa kura-kura muda yang kelaparan.

Ketika tertelan, kantung plastik dapat menyumbat sistem pencernaan kura-kura, menyebabkan kura-kura menjadi kelaparan.

Saat Kita Menjadi Bagian dari Generasi Plastik Pencemar Lingkungan
Eight million tonnes of new plastic debris enters the world’s ocean every year. (Clifton Beard; Flickr.com/CC/BY-NC/2.0)


Ada kantung plastik yang mengambil sedikit ruangan di dalam perut kura-kura, sehingga mengurangi kemampuan mereka untuk menyerap nutrisi atau air.

Atau ada juga sebagian yang diproses oleh asam dalam sistem pencernaan kura-kura, dan menyebabkan pelepasan zat beracun dalam jaringan tubuh kura-kura. 

Mungkin juga ada kantung plastik yang menyangkut pada tubuh kura-kura, sehingga menyebabkan pertumbuhan mereka menjadi tersendat.

Sebuah organisasi yang sering membersihkan kawasan perairan di Australia, Clean Up Australia, menyatakan penggunaan kantung plastik di Australia mencapai kurang dari empat miliar kantung plastik setiap tahunnya.

Dalam penelitian soal limbah plastik, lembaga penelitian CSIRO juga menemukan ada sekitar 5.000 - 15.000 penyu yang mati di Teluk Carpentaria, Kawasan Australia Utara. Penyebabnya adalah banyak-banyak kura-kura yang terperangkap di jaringan ikan.

Sejak tahun 1950-an, produksi plastik semakin meningkat. Kini hasilnya, jutaan ton sampah plastik memasuki ke laut setiap tahunnya. Belum lagi dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close