Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mau Tahu Kenapa Mumi Firaun Tutankhamun Mr P-nya Tegak saat Ditemukan?

Rabu, 02 September 2015 – 05:59 WIB
Mau Tahu Kenapa Mumi Firaun Tutankhamun Mr P-nya Tegak saat Ditemukan? - JPNN.COM
Tutankhamun, mumi paling terkenal di dunia sepanjang masa. Foto: AFP

jpnn.com - MESIR - Mumi Firaun Mesir yang terkenal di dunia, Raja Tutankhamun, yang dimakamkan Lembah Para Raja memang beda sendiri daripada mumi pada umumnya. 

Soalnya, Raja Tutankhamun, dikabarkan di balsem dalam cara yang tidak biasa, termasuk penis-nya yang berdiri 90 derajat saat ditemukan. 

Temuan itu telah membantu peneliti mengungkap bahwa dulu ada upaya Raja Tutankhamun, memerangi revolusi religius yang dimulai Ayahnya sendiri, Akhenaten. Ayah Raja Tut ingin membawa agama baru.

Akhenaten telah mencoba untuk mengganti agama Mesir untuk menyembah Aten, atau lubang matahari, dan bertujuan untuk menghancurkan tuhan lainnya. Namun, Tutankhamun berusaha membatalkan perubahan ini dan mengembalikan Mesir kembali ke agama tradisional dengan dewa-dewa mereka.

Ahli sejarah Mesir Kuno dari American University di Kairo, Salima Ikram, yang meneliti dalam beberapa tahun terakhir menjelaskan alasan penguburan yang tidak biasa dari Tutankhamun atau dikenal sebagai Raja Tut.

Dalam laporan terbaru yang dilansir dalam jurnal "Études et Travaux" oleh Egyptologist Salima Ikram, seorang profesor di Universitas Amerika di Kairo, menjelaskan bahwa upaya penguburan itu memang sengaja dilakukan Raja Tut untuk membuatnya tampak sebagai Osiris, dewa maut atau akhirat.

Jadi, penis yang ereksi dipercaya akan membangkitkan kekuatan regeneratif Osiris. "Upaya itu juga bentuk perlawanan untuk Ayahnya yang mendirikan sebuah agama monoteistik dari memuja banyak dewa menjadi satu dewa," kata Ikram, seperti dilansir laman Independent.

Dia menambahkan cairan hitam di atas peti matinya akan membuat warna kulit Raja Tut menyerupai Osiris, dan jantung dihilangkan dari tubuh mumi, menggambarkan kisah dewa Osiris yang dipotong-potong oleh saudaranya Dewa Seth, dan jantungnya dikubur.

MESIR - Mumi Firaun Mesir yang terkenal di dunia, Raja Tutankhamun, yang dimakamkan Lembah Para Raja memang beda sendiri daripada mumi pada umumnya. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close