Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang Idul Adha Sapi Mahal, Ini Kisaran Harganya

Rabu, 02 September 2015 – 07:25 WIB
Jelang Idul Adha Sapi Mahal, Ini Kisaran Harganya - JPNN.COM
Foto: dok.JPNN

jpnn.com - KENDAL - Harga sapi di Kabupaten Kendal saat ini mengalami kenaikan mulai dari Rp3 juta hingga Rp6 juta per ekornya, jelang Idul Adha 24 September 2015.

Seorang Pedagang Sapi di Kendal, Sulaiman, saat ditemui di tempatnya berjualan, Selasa (1/9), mengatakan, permintaan masyarakat terhadap hewan kurban terus meningkat menjelang Hari Raya Idul Adha, sehingga harga sapi dan kambing terus beranjak naik.

"Saat ini, harga hewan kurban sapi naik mencapai Rp3 juta hingga Rp6 juta per ekor. Akan tetapi, kami perkirakan kenaikan harga sapi ini akan berlanjut lagi, saat mendekati Hari Raya Idul Adha," bebernya.

Dikatakan, saat ini harga sapi jenis metal yang semula dibanderol dengan harga Rp16 juta per ekor, kini naik menjadi Rp18 juta per ekornya. Sedangkan untuk sapi jenis super, harga semula Rp20 juta naik menjadi Rp25 juta per ekornya. Sementara itu, untuk harga kambing dari yang semula berharga Rp2,5 juta per ekor naik menjadi Rp3 juta per ekornya.

"Bahkan, hewan kurban sapi jantan lokal juga turut mengalami kenaikan, dari yang sebelumnya hanya Rp12 juta per ekor kini naik mencapai Rp14 juta per ekornya," bebernya.

Menurut Sulaiman, selain karena dipengaruhi meningkatnya permintaan oleh masyarakat, kenaikan nilai harga hewan kurban juga dipengaruhi kondisi dan kesehatan hewan tersebut. Ditambahkannya, meningkatnya harga hewan kurban tersebut tidak terpengaruh adanya kenaikan dolar, yang saat ini telah mencapai di kisaran Rp14 ribu.

Terpisah, pembeli hewah kurban asal Brangsong, Samiyo, mengungkapkan, untuk mengantisipasi semakin meningkatnya harga hewan kurban, dirinya mencoba membelinya sejak jauh-jauh hari.

"Meski perayaan Idul Adha masih relatif cukup lama yakni tiga minggu ke depan, tetapi saya telah membeli hewan kurban lebih awal. Ini saya lakukan dengan harapan, harganya masih relatif lebih murah," katanya. (yog/sam/jpnn)

KENDAL - Harga sapi di Kabupaten Kendal saat ini mengalami kenaikan mulai dari Rp3 juta hingga Rp6 juta per ekornya, jelang Idul Adha 24 September

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close