Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Proyek Sejuta Rumah, emang Lokasinya dimana?

Rabu, 02 September 2015 – 20:52 WIB
Proyek Sejuta Rumah, emang Lokasinya dimana? - JPNN.COM
Rumah. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA--Proyek sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah harus jelas lokasi dan peruntukkannya. Pasalnya, banyak rumah yang dibangun pemerintah namun tidak ditempati masyarakat karena lokasinya jauh dari jangkauan transportasi.

"Program sejuta rumah ini sangat bagus. Namun, lokasinya harus jelas dan aksesnya mudah. Jangan sampai dana triliunan rupiah hanya mubazir karena masyarakat enggan tinggali. Apalagi di tengah daya beli masyarakat yang menurun," kata Budi‎ Wiyono, anggota Komisi V DPR, saat raker dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Senayan, Rabu (2/9).

Dia menyontohkan rumah rusun maupun rusunami yang kosong tak berpenghuni. Lantaran aksesnya sulit dijangkau.

"Proyek sejuta rumah sangat baik dalam mengurangi backlog. Namun kalau tidak jelas peruntukkannya sama saja. Pemerintah juga perlu memikirkan rumah untuk nelayan yang hidupnya rata-rata di bawah standar sejahtera," tandasnya.

‎Dalam pemaparannya, Menteri PUPR menyebutkan penyerapan anggaran Rp 38,9 triliun hingga 2 September 2015.

Terdiri dari Ditjen Bina Marga Rp 19,6 triliun, Ditjen Sumber Daya Air Rp 11,2 triliun, Ditjen Cipta Karya Rp 6,2 Triliun, dan Ditjen Penyediaan Perumahan Rp 1,05 triliun.‎ (esy/jpnn)

 

JAKARTA--Proyek sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah harus jelas lokasi dan peruntukkannya. Pasalnya, banyak rumah yang dibangun pemerintah namun

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close