Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mendagri Segera Tetapkan 12 Nama

Kamis, 03 September 2015 – 08:55 WIB
Mendagri Segera Tetapkan 12 Nama - JPNN.COM
Mendagri Tjahjo Kumolo. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) telah mengusulkan 36 nama calon penjabat kepala daerah di Sumut. Kini, Direktorat Otonomi Daerah (Ditjen Otda) Kemendagri sedang melakukan kajian dan verifikasi terhadap berkas calon.

“Nanti setelah dilakukan pengkajian terhadap berkas 36 nama yang diusulkan Pemprov Sumut, barulah Mendagri menetapkan 12 nama yang akan diangkat,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo kepada JPNN.com, Rabu (2/9) tadi mam.

Mengenai nama-nama calon, Tjahjo hanya menjawab, “Nama-nama sudah masuk di Ditjen Otda dan saat ini sedang dalam proses.”

Terpisah, Dirjen Otda Kemendagri, Sumarsono membenarkan bahwa pihaknya masih dalam tahap klarifikasi data nama-nama calon. Klarifikasi  data calon dimaksudkan, apakah nama-nama yang diusulkan itu telah memenuhi ketentuan sesuai perundang-undangan atau tidak.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 49 tahun 2008 tentang Perubahan Ketiga atas PP Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, nama-nama Penjabat minimal berpangkat IV/C. Selain itu, memiliki pengalaman bekerja di daerah, mempunyai kredibilitas, dan bertanggungjawab dalam memimpin.

 “Berkasnya masih diproses. Kami klarifikasi terkait kepangkatan maupun latarbelakang dari pemerintahan atau tidak. Kalau tidak sesuai, kami akan minta klarifikasi dari daerah. Kalau memang cacat langsung dicoret,” ujar Sumarsono.(gir/jpnn)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) telah mengusulkan 36 nama calon penjabat kepala daerah di Sumut. Kini, Direktorat

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close